If its Not So Important To U, Well It Is For Me

some things are better left written

Pasca Operasi Gigi yang Mendebarkan :p

Insya Allah Ramadhan ke 15 buat saya hari ini..

Belum bolong puasa 1 haripun di tahun ini, Alhamdulillah. Kalau ditanya apakah ibadahnya sudah maksimal di bulan Ramadhan? Hm.. nampak masih gitu2 aja.. Menyadari masih termasuk golongan yang merugi karena ga berusaha semaksimal mungkin. Tapi dasar, manusia yang penuh dengan alasan..

Kemarinan baru habis operasi gigi bungsu. Gusti… Akhirnya mengalami juga yang namanya operasi gigi yang konon kabarnya menyeramkan dan super sakit itu. Ga sekedar operasi gigi bungsu aja, tapi skalian nyabut gigi geraham yang sudah rusak karena bolong yang didiamkan kelamaan. I hate dentist that much, I’m killing my own teeth😦 Sekarang jadi udah ga sama sekali punya geraham bawah kanan kiri.

Sebetulnya udah sejak 2 tahunan yang lalu saya ke dokter gigi yang satu ini yang bilang kalau gigi bungsu saya tumbuhnya ga bener dan bagaikan bom waktu yang nanti kalau sudah terlanjur parah malah tambah susah buat diperbaiki. Inget banget si dokter kasih liat gambar2 ngeri orang dengan geraham yang harus dipotong sebagian karena si gigi bungsu ini😥 Trus saya saja sebel sama si dokter dan ga mau dateng lagi sampai hampir dua tahunan.

Inget banget kalo buat saya, dia sudah jadi sosok dokter gigi mengerikan yang ga menenangkan :p Ganti dokter gigi ke satu klinik bagus di Buah Batu. Lumayan cocok, tapi dokter yang satu ini ga pernah bisa cepat beres kalo ada tindakan apa-apa. Pernah cabut 1 gigi aja sampai hampir 1 jam! Sementara pengalaman cabut gigi di dokter yang seram itu ga sampe 5 menit beres! Biaya di klinik jauh lebih murah. Tapi pakai obat sih ga jauh beda juga.

Karena akhirnya sekarang sudah pindah rumah lagi mendekati kembali si dokter ngeri dan agak jauh ke Buah Batu, mau ga mau ketika sakit gigi melanda lagi, saya memaksakan diri buat kembali ke dokter ngeri. Deg2an setengah mati waktu itu. Mau minta cabut gigi atas yang sudah sakit terus2an dan bikin capek. Oh iya, me on my under 30 sudah kehilangan 4 gigi :p 6 beserta 2 gigi bungsu bawah kanan kiri😆

Ternyata, beda banget deh kesan yang didapat kali ini! Ternyata kok dokternya ramah ya? Cara ngomongnya enak banget? Menenangkan.. Tindakan yang dilakukan selalu cepat dan ga pernah bikin sakit udahannya. Saya jadi bingung, kenapa waktu itu ga suka ya? Kenapa sampai seperti phobia sama si dokter yang satu ini ya? Gara2 gambar2 mengerikan yang pernah dia kasih liat itukah?

Ternyata, gali punya gali memori.. Bukan itu bos masalahnya! I hate him because I can’t afford him back then! Iyak.. Emang dia mah bukan dokter gigi baru lulus sih.. Sudah dokter bedah mulut sekalian. One of Bandung’s finest dentist. Tarifnya jadi mahilllllllllllssss sekali! Tapi sbenarnya kalau dipikir2 sama aja.. beda beberapa puluh ribu aja dengan di klinik yang di Buah Batu, malah disitu harus beberapa kali bolbal malah jadi lebih mahal akumulasinya. Kalau sama si dokter keren (he’s dokter keren now) penanganan selalu lebih cepat dan biasanya sih bebas sakit! Money well spent, istilahnya. Cuma ya itu dia buo.. Karena dulu sama skali ga mampu bayar mahal dikit buat kesehatan… Jadi antipati. Ternyata uang memang penting banget.

Kebukti lagi saat operasi gigi ini. Biayanya cukup mahal buat saya yang bukan pekerja kantoran dan suami yang juga ga kerja di orang yang mana biaya dokter ga ada yang ganti. Ikutan asuransi juga kalo masalah gigi ga ter-cover😦 Sempat maju mundur ga jadi-jadi selama beberapa bulan belakangan, karena sepertinya uangnya lebih baik dipakai buat yang lain dulu. Tapi akhirnya yang namanya sakit mah ga bisa boong. Sampai pada titik dimana seperti dicubit dari dalam gusi dan syaraf sampai sakit kepala kalau udah kumat, menyerahlah saya. Please, doc. Take my money. Fix me!

Kebanyakan temen cerita sehabis efek bius operasi sakitnya akan gila-gilaan. Ga akan bisa makan apa2 selama beberapa hari. Saya sumpah ketakutan ngebayanginnya aja. Di kursi dokter waktu akhirnya akan operasi Senin malam kemarin, gemeteran ga berhenti! Literally shaking! Mulai dari meringis disuntik sampai kalau ga salah 5 kali di lidah, langit-langit, gusi, pipi, bawah gusi… mendengarkan bunyi bor yang memecah sisa mahkota gigi, membuka gusi buat mencongkel si gigi palsu, cungkilan tang sang dokter yang dilakukan dengan sekuat tenaga mencabut akar gigi yang kuat tertanam, gesekan benang yang terasa seakan menjahit seluruh mulut ga cuma gusi yang terbuka tapi juga lidah dan mulut, sampai akhirnya berkumur dan mendapati darah semua yang dikeluarkan😥 Sampai sudah di rumah pun saya masih gemetaran ga berhenti. Dokternya biang saya terlihat super ketakutan, padahal kan harusnya ga usah begitu. Operasi Senin malam, nanti insya Allah Sabtu pagi akan kembali buat mencabut jahitan. Membayangkan benang yang menggesek pipi dan bibir aja bawaanya meringis gini -_-

Pulang operasi, saya jadi super ketakutan. Saat itu seisi mulut memang masih baal efek dari bius. Teman yang sudah pernah operasi pun ga menenangkan. Malah disuruh siap-siap kalau nanti efek biusnya hilang. Rasa takut akan sakit lebih besar dari sakitnya sendiri! Akhirnya minum obat resep dokter, dan memutuskan buat tidur cepat dengan mulut yang masih berasa darah dan kapas yang masih terlalu takut buat dicabut.

Bangunnya harus sahur. Ketakutan ga bisa makan, akhirnya memutuskan buat makan bubur aja. Pelan2 sikat gigi dan ga menjangkau daerah yang masih luka. Ternyata masih sakit kalau berkumur. Sempat deg2an apakah akan sanggup puasa dengan lancar kalau ternyata sesakit yang digosipkan.

Ternyata, ini hari kedua setelah operasi, hari Rabu, dan Alhamdulillah ga mengalami sedikitpun sakit pasca operasi atau pasca efek bius hilang yang digosipkan itu! Sahur tadipun sudah ga lagi meminum obat anti sakit, karena kata dokter diminumnya kalau sakit saja. Tapi ngga. Ngga sakit lagi. Sakitnya masih bisa ditahan. Cuma kalau membuka mulut terlalu lebar, atau berkumur, atau bergesekan dengan sesuatu karena memang masih luka. Tapi selain itu tidak.

obat sakit gigi

Jadi kuncinya buat operasi gigi dengan lancar ternyata cuma lah dokter gigi yang bagus, dokter bedah mulut diutamakan yang sudah berpengalaman, obat yang tepat, dan dibantu penyembuhannya dengan tetesan Melia Propolis sebagai antibiotik alami. Semoga sampai kering dan sembuh total nanti ga ada sakit apa-apa sama sekali. Amien…

Kembali lagi, ga bisa menekankan lebih dari ini, uang itu PENTING BANGET rupanya! Kalau ga bisa bayar dengan bilangan juta, ga akan dapat perawatan yang sebagus ini sepertinya. Uang yang dicari lenyap seketika, tapi ternyata kalau lenyapnya bersamaan dengan lenyapnya penyakit, rasanya setimpal sekali🙂

What’s the moral of the story? Ga ada… Cuma mau curhat doang :p

Eh ada ding.. DOKTER GIGI ITU GA MENGERIKAN!!! YANG BIKIN NGERI ITU GA PUNYA UANG!!!😆

26 comments on “Pasca Operasi Gigi yang Mendebarkan :p

  1. neng fey
    July 24, 2013

    Astagaaa, cabut gigi kmrn aja udah gila2an sakitnya, apalagi dioperasi huhuhu
    Ampun deh ya, kalo sakit itu ga bgt,
    Ayo sehat naaat!!
    Sent from my BlackBerry® smartphone from Sinyal Bagus XL, Nyambung Teruuusss…!

  2. Vicky Laurentina
    July 24, 2013

    Hai..ikut seneng ternyata Natazya bisa melalui cabut gigi molar-3 dengan baik. Memang asuransi itu masih menganaktirikan kesehatan gigi, kebanyakan urusan penyakit gigi mulut itu nggak akan dikompensasi oleh asuransi karena dianggap “nggak ada di dunia ini orang mati gara-gara sakit gigi”.
    Semoga pemulihannya cepat dan bisa segera makan dengan normal lagi yaa🙂

  3. natazya
    July 25, 2013

    Amien.. makasih mbak cantik! Iya ya.. padahal aku sbelum operasi nih ketakutan banget karena katanya ada yang abis operasi gigi malah infeksi trus jadi kanker mulut :s Makanya udah ga mau lagi ke dokter lain selain dokter keren ini😀

  4. natazya
    July 25, 2013

    yu mariiiiiiiiiiiii sehat ajah!!!! Eh tapi udahannya mah ga sakit gimana buo ALhamdulillah.. cuma perlu dokter yang tepat ajah😀

  5. Imerka Kha
    August 2, 2013

    baru cabut si bungsu yang salah parkir kemarin + cabut sisa akar gigi yg depannya si bungsu,,

    saat operasi suakiiit banget,, mungkin karna efek biusnya blm sempurna,

    alhamdulilah di hari kedua nih ga sakit, ga bengkak,, cuma sakit kalo nelen sma buka mulut gede, haha

  6. natazya
    August 2, 2013

    iya mba aku juga udahannya ga sakit gimana2 kaya yang ditakut2in😀 Alhamdulillah cocok sama dokternya😀

  7. fian
    August 23, 2013

    yg di buah batu nama kliniknya apa? atau ada usulan yg bagus untuk dokter gigi yg bagus di buah batu atau bandung?

    terimakasih🙂

  8. natazya
    October 19, 2013

    aduh baru ngecek haha di buah batu namanya Jaya Abadi. ini bagus kok dokter giginya yg Drg Senny. DIsitu aja😉

  9. sandra
    October 29, 2013

    Sis dokter bedah mulutnya dimana ? Nama dokternya siapa… tampaknya gigiku juga bermasalah… tp lbh bermasalah dgn rasa takut ke dokter gigi , bca crita sis jd terbantu nih… walau ttp takut hehe

  10. natazya
    November 1, 2013

    nama dokternya dokter Dipo sist.. coba gugling aja deh aku juga waktu itu nemu alamat dan no telpnya gugling😀 Di daerah margahayu raya dia😉 Good luck!!!😀

  11. nirjafim
    December 4, 2013

    hai sist. nice post🙂
    mau tanya nih. untuk sekedar gigi bolong mending ke Jaya abadi saja dulu atau ke margahayu itu sis?
    thx

  12. natazya
    December 18, 2013

    jaya abadi aja😀

  13. adjeng
    February 16, 2014

    Sakit ga mbak pas di biusnya? Trs kalo boleh tau brp biaya cabut geraham bungsu ama cabut geraham depanny itu??

  14. azzam
    March 5, 2014

    boleh tau ga biaya operasi ny brp d dokter dipo??

  15. sandy
    April 17, 2014

    Biaya oprasi cabut gigi bungsunya berapa mba..??

  16. Rini Aryani
    April 18, 2014

    Haiti mba,slm kenal ya.Aku jg kmrn baru operasi Gigi….stlhnya obat bius nya ilang skt banget😦 …trs bengkak jg,sampai skrg msh bengkak…klo mba bengkak jg ato tdk?trims

  17. Rini Aryani
    April 18, 2014

    Haaaiii mba*

  18. annisyaaffandi25
    May 1, 2014

    Boleh minta info lokasi dr.gigi nya ??

  19. intan
    May 8, 2014

    saya baru beres operasi geraham bawah, tp alhamdulillaah anestesi’y abis tp gak sakit, waktu operasi pun gk sakit, padahal cmn abis sekitar 700an include rontgen sm obat… sy operasi di rs khusus gigi dan mulut milik pemerintah di jl. martadinata bandung… tadinya takut sakit tp tnyata gk semengerikan yg org” blg…

  20. Karin
    July 4, 2014

    Kalo boleh tau nama dokternya siapa teh? Soalnya aku jg ini mau di bedah mulut, tp masih bingung mau sama dokter siapa😀

  21. dini martanti
    September 26, 2014

    Maaf sist, saya mau tanya, selesai operasi gigi bungsu dan membuka jahitan, apa gusi sist masih terlihat bolong/sudah rapat dengan sendiri nya? Soalnya kemarin saya baru operasi, belum waktu nya jahitan dibuka,tp kok udh lepas sndiri, alhasil. Gusi ku terlihat sekali bolong nya, aku jadi worry sendiri..

  22. natazya
    December 11, 2014

    drg dipo kentjana

  23. Dwik Ava
    December 20, 2014

    Assalamualikum.
    saya bisa rasakan ketakutan anda, karena saya juga PHOBIA jarum suntik. hehee.
    Saya juga baru selesaikan 3 pencabutan gigi geraham bungsu saya yang impaksi/tumbuh tidak normal, dan 3 pencabutan itu saya lakukan 1 gigi saja sekali proses dengan jeda kira2 1 bulanan setiap extraksinya.

  24. Dwik Ava
    December 20, 2014

    tentang sakit atau tidaknya pasca efek obat bius hilang, itu tergantung tingkat trauma gusi selama proses pencabutan, lebih sulit posisi gigi anda maka lebih trauma gusi anda selama pencabutannya dan akan lebih sakit pasca operasinya.

    tak kalah penting, juga harus kita tau istilah “DRY SOCKET”, kondisi terpaparnya tulang rahang dan susunan syaraf yang ada pada lubang bekas gigi yg dicabut karena gumpalan darah (blood clot) terlepas sebelum jaringan gusi baru terbentuk dibawahnya. jd tulang rahang dan syaraf yang terpapar pada lingkungan mulut, udara dan makanan itu akan menimbulkan sakit yang luar biasa sampai telinga, rahang, dan mata pada sisi yang sama dengan gigi yg diektraksi, karena rawan terjadi infeksi di dalam lubang/soket gigi yang belum sembuh dari lukanya tersebut.

    gumpalan darah itu bisa lepas/ larut sebelum waktunya, biasanya karena :
    1. merokok sebelum 24 jam pasca operasi.
    2. makan/minum hangat/ panas.
    3. menggigit kasa kurang dari 1 jam sejak dokter meletakkannya diatas lubang gusi.
    4. gerakan menghisap ( minum melalui straw)dan terlalu banyak meludah/ kumur di 2 hari pertama.
    5. aktifitas fisik yg berlebihan yg memberikan tekanan darah berlebih ke kepala.
    dll.

    gumpalan darah itu penting utk melindungi lubang pada gusi dari paparan udara, makanan, lingkingan mulut yang pastinya tidak akan 100% higienis walaupun dengan menggosok gigi dan menggunakan obat kumur. juga gumpalan darah itu berguna untuk memberikan waktu tumbuhnya jaringan gusi baru yg lunak dibawahnya selama proses recovery.

  25. Dwik Ava
    December 20, 2014

    2 gigi geraham bungsu saya, kanan-kiri, cuma impaksi vertical, alias tumbuhnya masih tegak, erupsi seluruhnya, hanya saja tak setinggi gigi2 lainnya.
    kenapa saya cabut? karena saya googling dan menurut sepupu saya yg dokter gigi, gigi geraham bungsu itu fungsinya sudah berkurang dan suatu saat pasti berlubang karena tidak ada sikat gigi buatan manusia yang bisa menjangkau bagian belakangnya, terlebih gigi M3 atas saya jauh lebih pendek dari gigi di depannya. jadi saya cabut. dan hanya oleh Dokter gigi biasa karena termasuk impaksi yg ringan, oleh sepupu saya tepatnya, dan gratis. hehee.

    dan 2 gigi M3 saya yg bawah impaksi Pericoronal alias tertutup gusi sebagian karena kurang tempat. tapi tumbuhnya masih tegak, tinggi sama dengan gigi lainnya, hanya saja posisi agak keluar barisan, tepatnya kearah otot bukal mandibula/ pipi.
    harusnya M3 saya dicabut di specialis bedah mulut, tapi saya memaksa sepupu saya yg mengektraksi (lebih kenal lebih tenang, hehee. plus gratis. Hahaa) tanpa jahitan setelahnya dan hnya bermodal curaspon/spon penyerap darah yg bisa diserap tubuh.

    hasilnya, selama gumpalan darah tetap menutupi lubang gusi bekas cabutan selama proses penyembuhan, sakit pasca pencabutan/operasi bisa diminimalisir, cukup dengan penghilang rasa sakit selama 3 hari, plus antibiotik tentunya. itu untuk kasus saya.

    untuk kasus seperti mbak dan yg lain Impaksi horisontal atau angular memang sebaiknya ke spesialis bedah mulut. jangan takut ttg sakit pasca pencabutan. asal jaga kebersihan mulut dan berhati2 agar gumpalan dara yg menutupi lubang gusi tidak lepas sebelum lebih kurang 5 hari.

    good luck.

    semoga pengalaman saya ini bisa membantu.

  26. ony
    February 2, 2015

    Emang bener,, sakit gigi lowh ga punya uang juga mengerikan,,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on July 24, 2013 by in curcol misah misuh and tagged , , .

i Wrote About:

RSS To Train My Rusty English

  • REVENGE
    It just that since I subscribed to a pay TV, and now resigning from my latest radio job, and pretty much working from home, I watch TV for about 4-6 hours a day. I cut it down from 6-8 hours a day, that's when I decided that Im going to Dubai next year with my business :DBut there's a huge different from Indonesian local TV and cables, indeed! I do […]
  • The Trilogy Time
    Aloha!Oh my, its been forever since I wrote in this blog :p I was gonna let this one abandoned anyway :lol: But then again, in order to smoothered my rusty English, gonna start practicing it here again :DSo, how have you been? Me? Well.. Kinda busy with this business I've been joining for almost 3 years now. Quit the announcing job for some reason. And […]

My First Baby

Follow Me? ;)

%d bloggers like this: