If its Not So Important To U, Well It Is For Me

some things are better left written

LAGI LAGI SOAL KETIDAKADILAN : Tentang Prita Mulyasari

Saya agak kurang tahu juga apakah berita tentang ini sudah ada di TV atau belum. Karena kemarin kemarin lihat TV yang jadi headline lagi dan lagi si Manohara Pinot itu. Padahal yang satu ini juga ga kalah mirisnya dan ga adilnya!

Sudah dengar mungkin tentang Ibu Prita Mulyasari yang ditahan di LP Wanita Tangerang sejak 13 Mei lalu dengan tuduhan pencemaran nama baik RS Omni International Tangerang lewat internet. Prita ditahan karena dianggap bersalah menulis email di Internet tentang dirinya saat tak puas atas layanan kesehatan Rumah Sakit Omni Internasional Alam Sutra, Serpong, Tangerang Selatan. Ia dituduh mencemarkan nama baik rumah sakit tersebut. Ancaman hukumanya maksimal 6 tahun dan denda Rp 1 miliar. Dasar ancaman adalah Undang-Undang tentang Informasi dan Transaksi Elektronik.

Segampang itu lho buat menangkap orang sembarangan. Memangnya konten dari suratnya sendiri ga dibaca ya? Padahal kalau dibaca kan seharusnya keluhannya dulu yang jadi perhatian, karena itu kan opini jujur seorang konsumen.

Isi emailnya kira-kira begini

Jakarta – Jangan sampai kejadian saya ini akan menimpa ke nyawa manusia lainnya. Terutama anak-anak, lansia, dan bayi. Bila anda berobat berhati-hatilah dengan kemewahan rumah sakit (RS) dan title international karena semakin mewah RS dan semakin pintar dokter maka semakin sering uji coba pasien, penjualan obat, dan suntikan.

Saya tidak mengatakan semua RS international seperti ini tapi saya mengalami kejadian ini di RS Omni International. Tepatnya tanggal 7 Agustus 2008 jam 20.30 WIB. Saya dengan kondisi panas tinggi dan pusing kepala datang ke RS OMNI Internasional dengan percaya bahwa RS tersebut berstandard International, yang tentunya pasti mempunyai ahli kedokteran dan manajemen yang bagus.

Saya diminta ke UGD dan mulai diperiksa suhu badan saya dan hasilnya 39 derajat. Setelah itu dilakukan pemeriksaan darah dan hasilnya adalah thrombosit saya 27.000 dengan kondisi normalnya adalah 200.000. Saya diinformasikan dan ditangani oleh dr Indah (umum) dan dinyatakan saya wajib rawat inap. dr I melakukan pemeriksaan lab ulang dengan sample darah saya yang sama dan hasilnya dinyatakan masih sama yaitu thrombosit 27.000.

dr I menanyakan dokter specialist mana yang akan saya gunakan. Tapi, saya meminta referensi darinya karena saya sama sekali buta dengan RS ini. Lalu referensi dr I adalah dr H. dr H memeriksa kondisi saya dan saya menanyakan saya sakit apa dan dijelaskan bahwa ini sudah positif demam berdarah…..”

Sisanya silakan dibaca saja disini

Yang saya ga bisa habis pikir adalah bahwa sebenarbenarnya Ibu Prita ini kan cuma sedang mengeluh tentang pelayanan ga masuk akal yang diberi RS OMNI pada dirinya. CURHAT. Curhat dengan segala keluhan yang memang dirasakannya. CURHAT yang berdasarkan pada fakta. Sekarang yang namanya mencemarkan nama baik itu dimananya? Bagaimana bisa dibilang mencemarkan nama baik kalau sebenarnya tanpa perlu dicemarkan sudah tercemar? Ga mau menanggung konsekuensi dari ketidakbecusan melayani pasien? YANG BENAR SAJA!

Ini kan harusnya justru bisa jadi tuntutan buat RS OMNI sendiri. Mana itu yang namanya YKI pelindung konsumen Indonesia yang diperlakukan tidak adil? Bu Prita ini konsumen lho! Konsumen yang benar benar serasa tidak punya hak sama sekali! Dan sekarang buat mengeluh saja dia dipenjara? Baru mengeluh… gimana kalau menuntut?

Sebetulnya hukum mana yang lebih kuat? Kalau dibilang Bu Prita salah karna mencemarkan nama baik RS OMNI, apa ga bisa juga dilihat bahwa RS OMNI sedemikian salahnya karena melakukan prosedur prosedur yang sama sekali tidak bertanggung jawab pada Ibu Prita di awalnya? Apa karna RS OMNI lebih punya “power” jadi dia yang didulukan? Buat apa masuk pengadilan kalau begini? DIMANA LETAKNYA KEADILAN KALAU DEMIKIAN?

Saya masih ga bisa mengerti juga kalau Ibu Prita dituntut sampai 6 tahun penjara dan denda 1 Miliar hanya karna menulis email yang demikian yang saya masih pada pendapat saya bahwa itu hanyalah curahan hati seorang pasien yang diperlakukan tidak benar oleh si RS OMNI tersebut! Kalau begitu nantinya RS OMNI harus bayar berapa ya ke Bu Prita karna PERLAKUAN TIDAK MENYENANGKAN yang dilakukannya? 1 Triliun kah? Atau bebas lah… karna mungkin sekali nanti toh dia bayar sana sini… Hm.. lagian kalau berdasarkan rasionalisasi saya yang cuma sebegini saja,  bukannya yang lazim dilakukan adalah di cek dulu tentang kebenaran hal yang dikeluhkan dan mencari buktinya? Kalau ngga benar baru tuh bisa dibilang pencemaran baik! Kalau benar, nah  ya proses si RS OMNI dong! Atau prosedurnya salah? Puih… ta tahulah… otak kecil saya masih beranggapan yang demikian yang semustinya benar…

Gimana ga masyarakat mau punya suudzon yang besar dan mencela segala jenis peradilan di negeri ini sih? Gimana ga jadi ada asumsi permanent bahwa yang benar benar butuh ga pernah dibela dengan baik! Apalagi kalau ga bayar! Cih… najis banget deh. Masih ingat ga Manohara yang marah2 pada Kedubes Malaysia yang sama sekali ga mau tahu pada nasib warga Indonesia disana? Well, so out of topic. Tapi contoh yang tepat buat menunjukkan si ketidakadilan dan ketidakpedulian pada yang membutuhkan dan mungkin tidak membayar apa apa jadi tidak menguntungkan, kan? Sbetulnya undang undang segala macam yang ada, memangnya pada nyatanya dibuat untuk kepentingan siapa sih? Keadilan itu ada ga sih?

PMBalik lagi ke Bu Prita, sekarang penahanannya sudah diperpanjang, padahal sudah ada permintaan penangguhan penahanan. Kasihan sama anak anaknya yang masih 3 dan 1 tahun. Malah si anak bungsu mulai keganggu kejiawaannya karena katanya sekarang jadi pendiam padahal biasanya aktif sekali.  Ga cuma itu, dia juga merajuk memanggil “Bunda” pada setiap orang yang dilihatnya berjilbab seperti si Bundanya. Jahat benar orang yang merusak anak kecil sedemikian rupa!

Puih… saya juga gat tau nih, sedemikian banyak blogger yang posting tentang ketidakadilan pada Ibu Prita, cause yang ada di fesbuk buat membebaskan ibu Prita, apakah akan ada pengaruhnya sama sekali. Apakah akan bisa membuka mata orang orang yang bertanggungjawab disana. Atau justru nanti semua blogger ditangkapi karena mencemarkan nama baik? Sakit jiwa… Saya tahu sekali Indonesia itu PATOLOGIS. Tapi sedih juga ya lama lama…

Hey Bu Prita, my best wishes goes to u… really do!

moa

30 comments on “LAGI LAGI SOAL KETIDAKADILAN : Tentang Prita Mulyasari

  1. Lala
    June 3, 2009

    Gue juga miris, Nat… Sebel, empet, pingin marah…
    Ah, semoga Tuhan segera memberikan jalan keluar buat Ibu Prita… Amin.

  2. Taruma
    June 3, 2009

    Saya siap tuk memberikan dukungan pada ibu prita!!!!
    Dengan ini saya cap RS OMNI tidak layak… hahaha.
    Saya berharap masalah ini selesai secepatnya, karena kita tahu siapa yang sebenarnya bersalah.
    Pokoknya, bebaskan bu prita! dan ganti rugi atas yang rs omni lakukan..😀

  3. betul, mbak!
    ganyang!!!
    hajar!!!😈

  4. deniar
    June 3, 2009

    Iya gw juga jadi emosi nih nat….

    Ayo dukung ‘Bebaskan Ibu Prita Mulyasari’

  5. KiMi
    June 3, 2009

    Ah, menyebalkaaaaan!!!!!!!!!! Semakin lama kok ya semakin mendidih emosi ini!!!!! Kampret!!!! Nda adil!!!

    Bakaaaarrrrrr………!!!!! *siapin bensin dan korek api*

  6. Pakde Berlin
    June 3, 2009

    Aku ada kabar ini Tazz dari cP Njowo Group, nggabung disini kamu bisa membaca Informasi yang bagus, ya jelas aku dukung ..apalagi Kebebasan Pendapat Manusia…

  7. adams
    June 3, 2009

    aku dukung jeng… iya, lek gene jadi takut komplain.

  8. Chic
    June 3, 2009

    RS Omni Batavia itu justru mencemarkan namanya sendiri dengan mengugat Ibu Prita..😐

  9. Pak Prod
    June 3, 2009

    paranoid nih orang2 berdasi dan berprofesi dokter itu, kenapa gak sekalian aja yang nulis surat keluhan pembaca di koran juga tuntut semua, biar tambah aneh.. YLKI kok gak kedenger yak? saya dukung mbak Prita…!

  10. Pingback: Daftar Blogger Yang Bisa Dipenjara Karena Ikut Cemarkan Nama Baik RS Omni International « M Shodiq Mustika

  11. de asmara
    June 3, 2009

    aku udah forward ke semua list di Email aku utk kirim dukungan buat mbak Prita lewat email ke Management RS OMNI International Tangerang dan Pengacaranya. kirimnya ke –>

    to: info@omnihealthcare.co.id, info@omni-hospitals.com
    cc: rhnp@cbn.net.id

    yuk lakukan hal yg sama biar mereka tau betapa banyaknya dukungan utk mbak Prita.

  12. wi3nd
    June 3, 2009

    semo9a sajah ada “keaDiLaN” yan9 seJatinya

    bu prita ituh koRban kok maLah ditaHan,seharunyakan ada komuniaksi yan9 baik antara RS dan pasiennya,lah inih malah semena mena,susyah meman9 kLu uan9 suda bicar ** emosi jiwa kluar..

    dukun9 9eRaKan bebaskan bu prita..

    makasi da sin99ah ya..🙂

  13. Barata Nagaria
    June 3, 2009

    Solidaritas Anti Kriminalisasi Pasien
    oleh RS OMNI International Alam Sutera

    Kasihan saja tidak cukup. Apakah yang sudah Anda lakukan untuk menggalang anti kriminalisasi pasien oleh RS OMNI International Alam Sutera ? Atau Anda hanya membaca dan menonton kasus itu di Media Cetak dan Televisi ?
    Jika Anda peduli, namun tidak tahu caranya mengekspresikan kepedulian Anda, berikut ini adalah langkah praktis untuk menyampaikan aspirasi Anda :
    1. Kirim Email kekecewaan dan kutukan Anda, kepada :
    info@omnihealthcare.co.id dan info@omni-hospitals.com (RS OMNI International Alam Sutera)
    mph@cbn.net.id (Pengacara RS OMNI International Alam Sutera dari Risma Situmorang, Heribertus & Partners).
    2. Anda juga bisa menyampaikan kekecewaan dan kutukan Anda secara langsung kepada nomor telpon : 021-53128555 (hunting). Jangan hanya berbicara sama operatornya, tetapi kalau bisa dengan para manajemen RS OMNI International Alam Sutera, yaitu Sukendro (Direktur Utama), Dina (Direktur), atau Anda juga bisa menghubungi semua nama petugas yang disebutkan dalam surat keluhan Prita Mulyasari.
    3. Cara lainnya adalah dengan mengirimkan fax dukungan yang sama ke nomor : 021- 53128666.
    Marilah kita semua melakukan langkah nyata sebagai rasa solidaritas dan tangggungjawab sosial personal. Agar kasus kriminalisasi terhadap pasien yang dilakukan oleh RS Internasional merupakan yang pertama dan yang terakhir. Lakukan apa yang bisa dilakukan, sekarang juga. Terima kasih atas kepedulian Anda.
    Wassalam,

    BARATA NAGARIA
    Solidaritas Anti Kriminalisasi Pasien Indonesia (SAKPI)
    Web, http://anti-kriminal.blogspot.com
    Email : barata.nagaria@yahoo.co.id

  14. Ria
    June 3, 2009

    semoga ibu prita cepet berkumpul dengan keluarga lagi…

    miris bgt ya😦

  15. GiE
    June 3, 2009

    Duh… Omni, plis deh… Nggak kasian napa sama anak-anaknya jadi begitu gara-gara situ….

    *sebenernya tadi geram pengen ngetik kata2 yang mencak2, tapi berhubung ada UU ITE jadi diadem2in deh* ~_~

  16. wulandarti Wien W.
    June 4, 2009

    jangan berobat ke OMNI BATAVIA ntar di PENJARA !!!!!!

  17. maztrie
    June 4, 2009

    Keluhan koq malah di laporin buat disidangkan di pengadilan…..
    Ini PR nya OMNI belajar tentang GSS Comment (Kritik tentang kepuasan tamu/pelanggan) enggak sih…?
    duuuhhhhh, blogger, netter, browser, n juga programmer bersatu yuk dukung Bu Prita….

  18. Ade
    June 4, 2009

    setuju ma chic *toss*

  19. senny
    June 4, 2009

    ah kalo begini caranya, mendingan kita penjarakan aja si dokter kurang ajar tersebut…

    kayaknya tuh orang jadi dokter nembak deh, ngga beneran pinter… lah itu, IQnya aja tiarap…

    eh gue dipenjara jg dong untuk ngomong beginian… biar rame!

  20. N.wina.S
    June 4, 2009

    saya sangat prihatin sekali dg kejdian ibu prita, gmn negara kita bisa maju klo kejadian sprti ini masih terjadi.hkm tidak memihak kpd rakyat kecil.saya pribadi sg kcw dg aparat penegak hkm negara kita………..orang yang hanya mencurahkan isi hati tapi malah di ganjal penjara, apa itu logis.seharusnya pihak rumah sakit introspeksi……..mmg pelayanan rmh sakit di indonesia blh di katakan sgt buruk tapi kita rakyat kcl tdk berdaya, mo mengeluarkan pndpat aja di ganjal hkman 6 th……………ibu prita tabah dan sabar semua rakyat mendukungmu…..para penegak hkum gunakan hati nurani anda

  21. Triana
    June 4, 2009

    semoga ibu prita dibebaskan dr semua tuntutan, amiiin🙂

  22. antown
    June 4, 2009

    kenapa sih selalu tangerang yang ramai? dwuh, apalagi di alam sutera. kan dkt banget tuh sama tempat saya tinggal

    *nyengkre

  23. tutinonka
    June 4, 2009

    Tadi malam saya nonton di Metroteve, Bu prita sudah dibebaskan. Alhamdulillah. Ini berkat kekuatan media massa mendesak kepolisian dan membangun solidaritas masyarakat, sehingga karena begitu kuatnya opini masyarakat membela Bu Prita, polisi tidak bisa berbuat lain selain membebaskan Bu prita.

    Pelajaran bagus buat kita semua : jangan terkecoh dengan kemewahan dan label internasional sebuah RS, dan selalu menggalang solidaritas melalui media massa baik online maupun offline. Terbukti, media massa mampu berbuat untuk membela ketidak adilan.

  24. ksemar
    June 4, 2009

    Kasus yang menimpa Mbak Prita merupakan bukti nyata bahwa penegak hukum kita masih suka mempermainkan hukum atau menerapkan pasal-pasal hukum yang keliru untuk kepentingan pribadi atau kelompok di negeri ini. Disisi lain kasus tersebut merupakan gambaran bahwa “sejumlah orang” masih senang “membungkam” keluhan, kritik dan apa yang dirasakan oleh rakyat. Jika hal ini dibiarkan maka kebebasan mengeluarkan pendapat yang dilindungi oleh UU akan segera “mati” di negeri ini. Tetap semangat Mbak Prita, doa kami bersamamu. salam, Masyarakat Marginal Sumatera Utara.

  25. natazya
    June 4, 2009

    Terima kasih semuanya yang sudah beri dukungan juga buat Ibu Prita🙂 semoga pembebasannya ga cuma bersifat sementara dan keadilan cepat datang🙂 AMIEN

  26. Pingback: HEBOH! Daftar Para Bloger Kelas Wahid Yang Mungkin Dipenjara Gara-Gara Artikel “Dukungan Prita Mulyasari” Dan Hujatan Pada RS OMNI Internasional « Dozenix’s Master Web

  27. Ono Gosip
    June 9, 2009

    HASIL DENGAR PENDAPAT KOMISI IX DPR DGN MANAGEMENT RS OMNI:
    1. KOMISI SEMBILAN TIDAK PUAS DENGAN JAWABAN DARI PIHAK RS OMNI
    2. MENGUSULKAN PENCABUTAN IZIN OPERASIONAL RS OMNI
    3. MENCABUT TUNTUTAN RS OMNI KEPADA PRITA MULYASARI
    4. RS OMNI HARUS MINTA MAAF SECARA TERBUKA KEPADA PRITA MULYASARI

  28. agusuber
    June 9, 2009

    bak david VS goliath
    omni terlaluuu…
    padahal sumpah para dokter ” memperlakuan pasien seperti memperlakuan dirinya sendiri”.
    kita lagi2 melihat semakin terpinggirkan sisi kemanusiaan.
    efek sebuah industri kesehatan telah menenggelamkan dalam kesombongan, membutakan mata hati mereka…yah tidak ada perubahan, begitu lemahnya diri..
    kekuasaan negara harus turun tangan dalam perkara ini agar supaya tidak ada lagi prita2 lain…
    ..ok gitu aja taz…

  29. Tigis
    June 9, 2009

    yg pasti gue skrg kalo mau nulis kudu mikir2x. Ini isinya bakal dituduh mencemarkan nama baik apa ngga ya. Soalnya ini resiko demokrasi euy. Semuanya boleh berpendapat dan punya interpretasi msg2x. Kadang repot juga

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on June 3, 2009 by in curcol misah misuh, Kenajisan and tagged , .

i Wrote About:

RSS To Train My Rusty English

  • REVENGE
    It just that since I subscribed to a pay TV, and now resigning from my latest radio job, and pretty much working from home, I watch TV for about 4-6 hours a day. I cut it down from 6-8 hours a day, that's when I decided that Im going to Dubai next year with my business :DBut there's a huge different from Indonesian local TV and cables, indeed! I do […]
  • The Trilogy Time
    Aloha!Oh my, its been forever since I wrote in this blog :p I was gonna let this one abandoned anyway :lol: But then again, in order to smoothered my rusty English, gonna start practicing it here again :DSo, how have you been? Me? Well.. Kinda busy with this business I've been joining for almost 3 years now. Quit the announcing job for some reason. And […]

My First Baby

Follow Me? ;)

%d bloggers like this: