If its Not So Important To U, Well It Is For Me

some things are better left written

About Slumdog Millionaire

Habis nonton Slumdog Millionaire meninggalkan sebuah senyum penanda kepuasan buat saya setiap  habis keluar dari studio nonton berbayar. Satu hal yang jujur saja agak jarang terjadi kalau saya nonton film Indonesia.


Garis besarnya cerita tentang seorang pemuda yang mendadak jadi milyuner dengan sapu bersih semua pertanyaan di kuis Who Wants to Be a Millionaire *saya ko ga pernah masuk ya kuis ini :p* setelah sebelumnya tidak dipercaya bahwa orang seperti dia yang hanya sebagai pembawa teh di kantornya *chai-walla kalo ga salah bahasa Indianya hehe agak mirip orang sunda…teh yang notabene benda cair sama disebutnya chai!* bisa menjawab pertanyaan pertanyaan yang beraneka ragam.


Cerita dimulai sebagai jawaban kenapa dia bisa menjawab semua pertanyaan tersebut. Satu jawaban punya cerita dibaliknya yang menampilkan beratnya hidup seorang anak yang harus hidup di dunia yang keras dan kehilangan orang tua sejak usia yang masih sangat muda. Tapi semua itu membentuk Jamal *si  pemuda* jadi sedemikian rupa sebagaimana dirinya.


Bagaimana kehidupan orang di daerah kumuh diperlihatkan di awal cerita. Menampilkan pemandangan kesenjangan sosial di India yang sama nyatanya dengan di Indonesia. Betapa masih ada juga permusuhan antar pemeluk agama dan kekerasan tidak berperikemanusiaan yang sama terjadi dimanamana demikian juga disana.


Menceritakan tentang kekejaman komplotan yang mengeksploitasi anak anak untuk dijadikan pengemis dan pengamen, dan membuat cacat mereka dengan sengaja. Yang lucu adalah beberapa hari kemudian saya sempat baca artikel di surat kabar yang saya lupa apa yang bilang bahwa setelah film Slum-dog Millionare jadi banyak gepeng yang membuat cacat dirinya sendiri untuk mendapatkan iba. Woy! Kemana aja! Dari dulu juga ada… nyalahin pihak lain aja bisanya! Heran deh! Sayangnya ya sebagaimana disini, mungkin disana juga hal yang demikian ga terlalu jadi concern pihak manapun juga jadi tetap saja terjadi. Katanya sih film ini banyak menang Oscar karena Amerika paling suka dengan issue issue kemanusiaan begini. Ah. Ga ngaruh. Emang filmnya bagus aja…

Lalu juga ini adalah bagian yang saya sangat suka. Betapa seseorang yang sangat brengsek sekalipun slalu cinta pada keluarganya dan cenderung punya sisi religious yang besar, entah apakah sebagai kompensasi dari dosa yang disadarinya atau bagaimana. Sama juga seperti mafia Italia yang sangat setia membela kehormatan keluarga dan membawa Rosario kemanamana, Salim *Jamal’s bro* juga diperlihatkan sosok jahat yang menjaga adiknya selalu, rajin sholat dan bahkan pada detik terakhir kehidupannya yang  terucap adalah GOD Al-Mighty. Damn! That’s very cool!!!

Salah seorang pengamat film saat ikut kajian film yang satu ini yang diadakan di Blitz *saya baca disini* bilang kalau film ini bukan film sosial, justru film romantis yang menunjukkan bagaimana usaha Jamal dalam menemukan lagi cinta sejatinya. Saya SANGAT SETUJU! Gila! Lelaki yang ikut Who Wants to Be a Millionaire hanya supaya dilihat oleh perempuan yang dicintainya… kurang romantis dimananya? Bicara soal cinta memang harus punya yang namanya rasa percaya pada cinta itu sendiri. Sebagaimanapun mencoba buat realistis, cinta itu sendiri adalah satu hal paling nyata. Ah… saya suka waktu Latika *the girl’s name* bilang SO WHAT? pada pertama kali Jamal bilang cinta kepadanya. Sangat bisa dipahami jalan pikiran seorang perempuan yang sedang menjalani  hidup bersama seseorang yang sekalipun tidak menghargainya tapi bisa menghidupinya, ditawarkan sebentuk cinta yang tidak bisa memberikan sesuatu apapun yang berwujud apa apa. Lalu apa? Ah… pertanyaan yang pastinya ada bukan? Terlepas dari apakah ini bisa terjadi dalam kehidupan nyata atau tidak, suatu akhir yang bahagia adalah suatu yang diinginkan siapa saja bukan?

Tentang harapan. Siapa yang sangka seorang pemuda yang waktu masih bocah rela menceburkan diri ke kubangan kotoran hanya untuk bertatap muka dengan Amitabbachan di kemudian hari bisa jadi milyuner dan membuat sejarah di India? Tanpa latar belakang pendidikan apa apa. Saya rasa, andaikan ini benar nyata, saat kuis tersebut mengudara dan si pemuda memenangkannya, berjuta orang yang menonton dan turut bersorak sorak disana mendapatkan sebuah harapan baru dalam hatinya. Bahwa dia juga pasti bisa jadi apa saja. Asal dia berusaha. Asal dia percaya.

Dan sesuatu yang sudah tertulis memang tidak terhindarkan apapun yang hendak diperbuat dan dikatakan. It is written. Its destiny. Skali lagi, hanya tinggal percaya dan jalani saja…

Yeah well, bagaimanapun, ini film Indihe! Jadi di blakangnya musti banget ada jogetjogetnya!!! Wahahaha Gong yang sempurna!😀 btw nungguin keluar lagunya si Sigur Ros yang Hoppipola sampai akhir ga keluar juga ya? Sebel… padahal di trailer nya kan justru lagu itu yang dipasangnya!


Ah… saya dan pacar suka film ini pokonya!😉

23 comments on “About Slumdog Millionaire

  1. sososibuk
    March 6, 2009

    kalau begitu saya dan pacar juga akan nonton film ini.

    terimakasih🙂

  2. pashatama
    March 6, 2009

    ya ampyunnnnnnnnnnn
    baca review lu gua baru tau kalo film itu kan yg dari buku Q&A ya??? gyahahaha…. padahal gua nunggu2 lho felem itu. nampak bodoh ga sih gua?
    hihihi//////

    *pergi nonton*

  3. plainami
    March 6, 2009

    oh ya?? ada hoppipolla di trailernya??

    *lagu ini kan ada di itu.. film favorit lo.. apa tas.. lupa gw.. yang christina ricci hidungnya jadi miripbabi..

  4. dana
    March 6, 2009

    Film tentang harapan berarti ya?

  5. Ade
    March 6, 2009

    Gosipnya pemeran Jamal n Latika jadi pacaran juga di dunia nyata loo Nat😀

  6. natazya
    March 7, 2009

    shell… dah nonton ma pacar blom???😀

    ah ciciiiiiiiii kmane ajeeeee whehehehe nonton gih!!! bagossss

    iyah miiiiiinggggg adaaaa… btw PENELOPE dengan Mang Jaja yang ga nongol2 lagi…sigh..

    hmmm gimana ya mas dana… tergantung perspektif orang sih😀

    oh ya buuuuuuu??? huhuhuhu mereka manis sekali!!!!

  7. novnov
    March 7, 2009

    yahhh gue blm nonton film nya non….

  8. Bang Aswi
    March 8, 2009

    Saya pun penasaran setelah bagaimana film yang awalnya underdog di ajang hollywood ternyata banyak memenangkan penghargaan. Apalagi pas adegan penyerangan mendadak saat kereta lewat (ini mah diceritain teman). Kapan ya nontonnya???

  9. ray rizaldy
    March 9, 2009

    tau gak?
    kemarin daku nonton sinetron sekar, ada bagian ceritanya yang dimirip2in sama film ini. parah banget dah sinetron indonesia jiplaknya.

    btw, tante nata, daku kesiangan euy. huhu
    begadang malemnya.

  10. p3ny0
    March 10, 2009

    salam kenal mbak Natasya..

    wah.. info baru, film baru ni.
    nonton dulu ya mbak…🙂

  11. itikkecil
    March 11, 2009

    sayang ya… di India malah banyak yang gak suka karena terlalu menunjukkan kemiskinan yang ada di sana. padahal itu kan faktanya…
    dan yang menyebalkan memang, kenapa harus ada joged gaya indihe itu…

  12. sofianblue
    March 11, 2009

    saya juga suka film ini. sangat suka.
    tapi, joget india kan setelah film ini kelar?

    kalo pun memang joget india ditampilkan, saya pikir sah-sah saja. karena memang ini menjadi salah satu ikon film india. mereka sangat konsisten, kalo saya bilang.

    ya, macam film indonesia lah, dengan ikon mata pemerannya yang melotot-lotot.

  13. natazya
    March 12, 2009

    @bang aswi… dah nonton blom skarang? heheheu

    @ray : idih dirimu suka nonton sinetron yak??? :p

    @itik : ih itu gong nya tau jogednya😀 bikin sneng liatnya heheheu

    @sofian : eike suka ko jogednya😉

  14. naki
    March 12, 2009

    masih nungguin dvd bajakan-nya niyyy , mau nonton di bioskop ga tau mau nonton ma sapa😀

  15. 'zEm
    March 13, 2009

    Bener tu…
    Film ni emang bagus en perlu di tonton

  16. nh18
    March 13, 2009

    Catet …
    A must see film …

    Salam saya

  17. natazya
    March 13, 2009

    @naki : nonton ndiri ajah… kali aja ada yang ndirian juga hihihi

    @’zem : emberrr

    @nh18 : done om😀

  18. warm
    March 15, 2009

    barusan nonton minggu kemaren, nun jauh disana😀
    keren pokoknya, jadi inget kalo hidup saya ini gak ada apa-apanya ..
    sisi romantisnya ? sekali dan banget, memang

  19. Tigis
    March 15, 2009

    wuaaaaaaa di batam msh jaaauuuuhhhhhhhh (ga sabar mode ON)

  20. freddy
    March 15, 2009

    aku baru lihat filmnya kemaren malem..
    biasanya sih aku paling ga suka nonton film yang
    flash back… kaya film nya david caradine jaman baheula…
    tapi bagus juga buat di tonton..

  21. dewi
    March 16, 2009

    filmnya keren abis……..

  22. miqdam
    March 18, 2009

    maaf….hehehe

    saat-saat terakhir salim dia bilang God Is Great….bukan God Almighty….

    just one tears payback revival

  23. Pingback: Tentang Slumdog Millionaiere « Fabulousfemale’s Weblog

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on March 6, 2009 by in muvee.

i Wrote About:

RSS To Train My Rusty English

  • REVENGE
    It just that since I subscribed to a pay TV, and now resigning from my latest radio job, and pretty much working from home, I watch TV for about 4-6 hours a day. I cut it down from 6-8 hours a day, that's when I decided that Im going to Dubai next year with my business :DBut there's a huge different from Indonesian local TV and cables, indeed! I do […]
  • The Trilogy Time
    Aloha!Oh my, its been forever since I wrote in this blog :p I was gonna let this one abandoned anyway :lol: But then again, in order to smoothered my rusty English, gonna start practicing it here again :DSo, how have you been? Me? Well.. Kinda busy with this business I've been joining for almost 3 years now. Quit the announcing job for some reason. And […]

My First Baby

Follow Me? ;)

%d bloggers like this: