If its Not So Important To U, Well It Is For Me

some things are better left written

Menutup dan Membuka

Ah.. sudah penghujung 2008 lagi rupanya! Tahun ini buat saya adalah tahun yang paling cepat sekali berlalu. Dengan naik dan turunnya yang sangat cepat dan, kalau boleh pinjam roller-coasternya lala, bikin rasa rasa aneh berkali kali di perut sampai kadang kadang mau muntah, tapi ada juga euphoria yang terasa!


Kalau mau dirunut, ada beberapa turning point dalam kehidupan di tahun 2008! Hahaha agak lebay sih memang… Cuma maksudnya ada beberapa hal yang ga akan pernah saya lupakan terjadi dalam kehidupan saya tahun ini.


Mulai dari perpisahan dengan seseorang yang truly hurts like hell, kemudian merasa bahwa saya akan bisa sembuh dari “kecanduan” saya (yang pada akhirnya cuma digantikan candu yang lain haha benar benar bebal buat yang satu ini). Kemampuan buat bangkit lagi itu benar benar tidak saya sangka cepat sekali datangnya! Dan sempat berada lagi dalam waktu kesendirian yang penuh pertimbangan, rasanya pahit… sekali! Tapi tentunya kehadiran orang itu juga benar benar membantu, tapi paling tidak saya belajar disini tidak ada kesedihan yang akan selamanya, sebagaimana kebahagiaan yang juga tidak pernah tinggal selamanya.


Tahun ini juga adalah tahun yang sangat menyenangkan dalam kehidupan siaran saya. Dalam 12 bulan di bulan 2008 ini, honor bulanan saya naik turun! Pindah pindah jam siaran berkali kali dari pagi, sedikit siang tapi masih pagi, dan akhirnya sekarang bertahan di sore hari. Sampai jam siaran kesayangan saya yang penuh tentang cinta cintaan dihilangkan karena si radio ganti format siaran! Kecewa? Oh iya tentu…


Tapi saya juga banyak bertemu orang orang menarik dan dapat pelajaran pelajaran yang mungkin kalau saya bukan penyiar, kesempatan ini tidak akan pernah saya dapatkan.


Siapa yang sangka bahwa akhirnya saya akan bisa mewawancarai D’Cinnamons dan juga Clara Ng? Yang satu grup musik yang paling saya suka di Indonesia, yang satu pengarang yang paling saya cintai dan punya semua bukunya! (kecuali yang edisi cerita anak). Ga kebayang bagaimana bahagianya saya waktu itu. Senang sekali! Dan dari situ saya tambah percaya dengan yang namanya Law of Attraction. Saya selalu “menarik” mereka dalam kepala saya selama ini, dan terjadilah, padahal tidak direncanakan sama sekali!


Dan tahun ini juga, kalau bukan karena siaran, rasanya saya tidak akan punya sebanyak itu pengetahuan tentang mendidik anak sejak dalam kandungan yang sungguh sangat membuat keinginan menjadi seorang ibu jadi makin besar lagi! Lalu mengobrol dengan Astri Ivo, mengerti sedikit tentang Spiritual Tipping Point, dan menakutnakuti lelaki kecil tercinta tentang bahaya merokok (yang sumpah sama sekali ga ada pengaruhnya akhirnya!) dan masih banyak lagi yang menarik lainnya! Termasuk juga mengobrol on air dengan bule bernama Peter Zilahy yang rasanya ga bisa membuat orang lain merasa dihargai! Tahun ini saya bersyukur bahwa saya adalah penyiar di Radio Mustika, yang sering orang salah kira radio dangdut, yang ga semua orang tau kami punya lagu lagu subpop yang mungkin paling dulu di Bandung karena MD yang sangat hebat dan rajin!


Sebagaimanapun senangnya saya di tempat bekerja yang lebih mirip paguyuban ini, di akhir tahun banyak sekali perubahan terjadi yang membuat keadaan jadi tidak akan pernah sama lagi!


Beberapa rekan penyiar lelaki yang keduanya merupakan teman curhat terbaik saya karena yang satu rekan siaran cicintaan dan yang satu rekan siaran seangkatan, keduanya memilih buat hengkang! Kenapa? Karena seorang baru masuk yang mengacak acak apa yang ada, dan entah kenapa bukannya untuk membuat jadi lebih baik lagi tapi jadi kacau! Cuma aura negative yang dibawanya sejak awal dia masuk ke ruko tingkat tiga itu. Dan beberapa rekan kerja juga musti keluar karena apa yang disebutnya perampingan dan pemaksimalan tenaga kerja… kelaut aja! Bahkan mulai tahun depan saya tidak ada libur siaran sama sekali! Rasanya hari hari dimana siaran itu merupakan kesenangan mulai agak kabur tanpa adanya libur!


Tapi lagi lagi… setelah kemarin sempat berkeluh kesah, pada akhirnya bila keadaan tidak berubah, bukankah kita yang mau tak mau harus berubah? Ya… tutup tahun ini sayapun belajar buat melakukan satu lagi adjustment dalam kehidupan. And it always easier said than done for that, but in the end, we all cope.


Tahun ini hubungan saya dan mama tidak mengalami perubahan yang berarti. Masih banyak airmata disitu. Ada kemarahan yang sangat besar untuk keputusan yang untungnya tidak jadi terambil, masih banyak juga rasa kecewa yang membuat saya tidak bisa lagi membuka diri sepenuhpenuhnya padanya. Tapi lebih baik. Tahun ini tidak terlalu ingin bunuh diri setelah setiap pertengkaran yang terjadi. Well, im getting better thou😉 Mulai belajar dan coba mengerti. Tahun depan mungkin kami akan sama sama tambah dewasa dan bijaksana dan keadaan sudah pasti akan jadi lebih baik lagi. Seorang ibu bagaimanapun memang tidak akan pernah bisa dihilangkan dan diabaikan.


Oh ya! Satu kegagalan terbesar saya tahun ini adalah bahwa saya masih juga belum melepas status mahasiswa! Sekalipun banyak keluh kesah, rasanya memang baru beberapa bulan terakhir (dua bulan tepatnya) saya benar benar termotivasi buat cepat lulus. Kadang iri pada teman, kadang benci pada keadaan, tapi kalau sudah sober kembali saya benar benar percaya bahwa segala sesuatu punya waktunya sendiri sendiri dan terjadi karena sebuah alas an. Toh sekarang sebentar lagi (sebulanan lagi insya Allah) saya sudah akan menyelesaikan semuanya, dan masih akan ada hambatan hambatan lainnya setelahnya, tapi satu pelajaran yang didapat tahun ini adalah nikmati prosesnya. Dan saya benar benar mencintai dunia psikologi ini, jadi tidak ada ruginya sama sekali!


Ah ya! Tidak lupa juga tahun ini saya bergabung dengan Batagor, yang menurut saya sangat menyenangkan karena punya banyak teman baru yang beraneka ragam, dan memberi kesempatan buat saya untuk sedikit lebih bersosialisasi dengan manusia haha biasanya ga pernah punya niat sih… jadi rasanya satu hal baik lagi terjadi di tahun ini!


Dan yang terbaik terjadi di tahun ini buat saya, apalagi kalau bukan lelaki kecil saya! Dari awal dia datang dalam kehidupan saya di saat paling terpuruknya saya, membuat saya merasa lebih senang dan menularkan sejuta kepositifan yang dimilikinya, meyakinkan saya tentang semua ini memang harus terjadi untuk sebuah alasan yang lebih hebat lagi! Ga bohong, ga selamanya saya bisa memahami dia. Ga selamanya saya merasa cinta padanya. Ragu itu selalu ada. Ketakutan apalagi. Tapi dia selalu bisa menenangkan saya, sekalipun tidak menghilangkan semuanya. Tapi karena selama ini tidak ada yang bisa dan akhirnya dia bisa, saya rasa saya sangat menghargainya. Dan sedikit sedih karena rasanya rencana yang kami bangun akan sedikit meleset, tapi tidak apa apa, karena jalannya masih panjang. Dan pada akhirnya semuanya akan terjadi pada waktunya. Sabar. Satu hal baru yang sungguh saya pelajari tahun ini. Saya yang impulsif, belajar buat jadi lebih tenang dan tidak reaktif. PR memang. Tapi hampir setahun ini berproses, sekalipun belum sempurna, tapi saya tau saya sudah mulai bisa. Terima kasih buat dia yang selalu ada buat saya dan tidak pernah menyerah sekalipun saya minta berkali kali buat pergi. Dan karena dia, saya jadi mampu buat tau apa itu bersyukur. Being grateful, that’s what he thaught me.


Dan yang paling bagus adalah, setelah smua yang terjadi di tahun ini. Saya lebih mencintai diri saya sendiri! Dan itu sangat baik. Karena saya bisa menghargai diri sendiri dan berusaha memberikan yang terbaik bagi diri sendiri juga, bukan hanya orang lain saja.


Tahun ini tidak sempurna. Tapi bukan berarti tidak berguna. Banyak cela. Tapi toh baik baik saja. Ga ada yang perlu disesali, cukup buat dipelajari dan moga moga diilhami. Besok yang sebentar lagi, pastikan jadi lebih baik lagi!


New year, not new me. Just a better me.


HEPI NU YEAR!!!

BISMILLAH…

20 comments on “Menutup dan Membuka

  1. chic
    January 1, 2009

    Met tahun baru ya Naz… semoga lebih baik😀

  2. emfajar
    January 1, 2009

    selamat tahun baru 2009..

    tetap semangat dan sukses selalu🙂

  3. lala
    January 1, 2009

    *sempetmewekbacanya*
    kerasa yg lo rasain dan alamin
    bkaca sama apa yg gw alamin
    dan lo menjabarkannya dgn baik
    *mengingatgwdahnggaposting*
    thanks to bring it out..
    Iyah.. Lbh baik, kalopun tidak, jangan jalan ditempat!
    Usahakan, usahakan, usahakan!
    Niatkan, doakan, syukurKAN!..
    Lets move this roller coaster into favorite journey as at the amusement park! SEMANGAT!!

  4. airlangga19
    January 2, 2009

    Waahh… udah kaya bangun tidur jaa…. (walah?! apa coba!!)
    Salam kenaal….😉

  5. chatoer
    January 2, 2009

    hehehe, gw pernah dapet hadiah dari Mizan, ttg dinosaurus waktu lu siaran, hehehe. selamat masuk batagor selamat bersosialisasi *ingatobrolanditerasdepan rumahmuh

  6. warm
    January 2, 2009

    ya adjustment …
    hebat sekali kaw, nona.
    review yang lengkap,
    evaluasi yang mantap,
    smoga taon ini better than last time.
    dan
    ya ya berusaha menghargai diri sendiri,
    baiklah
    bismillah ….

  7. Arya
    January 2, 2009

    met tahun baru…mudah-mudahan keselamatan dan keberkahan senantiasa berlimpah di tahun ini ^O^

  8. oka
    January 2, 2009

    selamt tahun baru….semoga yng dicita2kan di tahun 2009 tercapai….amin

  9. Dyana
    January 2, 2009

    hey…

    gw baru sekali ini sampai ke blog loe, dan baca postingan yang ini, jadi penasaran klik satu persatu link yang loe bikin

    dan ternyata beneran kebaca banget perjalanan satu tahun loe! emosinya juga dapet! kaya baca novel banget! dan gw sangat suka cara menulis loe!

    salam kenal! trima kasih buat bacaan yang menarik di awal tahun ini!😀

  10. sayatan sang penyair
    January 4, 2009

    hayuk semangat kembali menyongsong taon baru………. 😀

  11. aziz
    January 6, 2009

    happy new year

    new plan

    new spirit

    new life
    a better life

  12. mrpall
    January 7, 2009

    semangat dan semangatlah kitasemua …..salammmmm

  13. Hilal Achmad
    January 7, 2009

    wahh …. pengalaman yang menyenangkan .. semoga tahun depan bakal lebih ok lagi … aamiin ..

  14. naki
    January 8, 2009

    wah nat , dikaw ngerasainnya pas awal taon lalu , gw baru awal taon skarang niyy😉
    smangat yaa .. lo pasti bisa koq😀

    happy new year~~

  15. soulharmony
    January 8, 2009

    Undangan untuk rekan2 blogger. KalSel punya event besar ARUH BLOGGER 2009 akses di (http://aruhblogger.com). sampaikan kepada rekan2 blogger lainnya

    thanks

    chandra
    CP : 05117718393, 05119044028, 085251534313, 081952954056

  16. juliach
    January 9, 2009

    Met tahun baru! Semoga sejahtera dan bahagia selalu!

  17. tukangobatbersahaja
    January 9, 2009

    met tahun baru juga.
    tambah cantik deh hehehehe

  18. Ade
    January 11, 2009

    Met tahun baru ya jeng..
    Wish you all the best! Amiinn

  19. Pengen Murtad!
    February 21, 2009

    Wah pusing ni setelah lihat blog ini! Jadi pengen murtad!

    FORUM MANTAN MUSLIM INDONESIA (klik)

    SMS & Ayat Cinta dari Allah (klik)

    Bingung gue..

  20. Tigis
    February 21, 2009

    telat banget nih gue bacanya. Tp ini ya kaleidoskop 2008 versi Nata🙂 gue stuju Nat kalo org denger kata mustikafm itu langsung kepikiran radio dangdut. Dulu gue jg begitu. Baru pas denger pertama kali siaran lo itu gue jd tau kalo ternyata bukan radio dangdut:mrgreen:

    smoga semua keinginan 2009 nya tercapai deh. Keliatannya dr semua yg paling jadi turn over point yg lulus kuliah ya. Smoga februari ini uda diwisuda

Leave a Reply

Information

This entry was posted on December 31, 2008 by in All About All, Feels and Thoughts, mummeeys, mustikas, yayiyayiyayi and tagged , , , , .

i Wrote About:

RSS To Train My Rusty English

  • REVENGE
    It just that since I subscribed to a pay TV, and now resigning from my latest radio job, and pretty much working from home, I watch TV for about 4-6 hours a day. I cut it down from 6-8 hours a day, that's when I decided that Im going to Dubai next year with my business :DBut there's a huge different from Indonesian local TV and cables, indeed! I do […]
  • The Trilogy Time
    Aloha!Oh my, its been forever since I wrote in this blog :p I was gonna let this one abandoned anyway :lol: But then again, in order to smoothered my rusty English, gonna start practicing it here again :DSo, how have you been? Me? Well.. Kinda busy with this business I've been joining for almost 3 years now. Quit the announcing job for some reason. And […]

My First Baby

Follow Me? ;)

