If its Not So Important To U, Well It Is For Me

some things are better left written

Ternyata Lebih Mudah Dengan Tulisan

Baru saja saya menonton lagi buat yang kesekian kalinya film Message in a Bottle. Bukannya ga ada bosen bosennya dan bukan pula karena film itu film favorit saya sebetulnya, karena favorit saya tetap saja U Jump I Jump!, tapi karena tidak bisa tidur entah kenapa setelah satu hari panjang yang lumayan melelahkan.


Nope. Not gonna hi-lite the romance things. Sedang rada bosan BOONG!!! Mana bisa ekeuh bosen ama cicintaan, cuma agak lucu aja melihat pola komunikasi yang ada di film itu. Coba, ada yang tau ga berapa banyak surat yang ada di film itu? Ga? Oh well, im gonna tell u anyway. There are three letters there. Yang lucu adalah dua surat dari sang suami pada sang istri yang sudah meninggalkannya selamanya karena kematian, dan yang satu adalah surat penghabisan sang istri di hari hari terakhirnya yang sama sekali tidak diketahui sang suami apa istrinya hingga kira kira dua tahun setelahnya, itupun harus mampir dulu di tangan orang lain baru dirinya tahu.Betapa banyak penyesalan yang ada di diri si lelaki karena tidak merasa sudah melakukan segala yang terbaik dan lebih menjaga sang istri di hari hari terakhirnya, dan bahkan hal sesederhana tidak mengucapkan aku minta maaf pada sang istri seseringnya hanya karena kadang sombong yang menang? Dan betapa lama dia tergantung gantung di sana dalam kedukaan dan ketidakikhlasan yang baru bisa lepas lama setelah dia tahu paling tidak apa yang sang istri mau dan rasa dan pikirkan menjelang si kematian yang tertuliskan di suratnya.

Kenapa ya orang lebih mudah buat menuliskan segala sesuatunya daripada mengungkapkannya langsung ke muka orang yang mungkin perlu buat tau apa yang sebetulnya ada dalam tulisan? Kenapa buat berbicara kadang kehilangan kata kata tapi lewat tulisan semuanya akan terungkapkan? Tapi memangnya sama derajat kepuasan yang didapatkan? Tidakkah perlu menunggu lama sampai andaikata ditujukan pada seseorang atau sekelompok orang buat dimengerti dan dipahami? Karena kadang memang bahasa tulis mengandung makna yang jauh lebih dalam tapi lagi dan lagi perlu pencernaan yang tidak kalah mendalam yang tidak semua orang bisa dengan mudahnya.

Apa buat hal hal yang penting dan sederhana dalam hidup masih saja perlu buat dituliskan dan bukannya langsung dikatakan?

Tapi yah… sebagaimana di dalam film ini, tulisan dengan penuh perasaan bisa mempengaruhi hidup seseorang dan merubahnya semoga jadi lebih baik lagi, don’t stop writing then. One day one gonna learn to say. In the mean time, just write. Don’t let any single word passed. Manatau pada suatu hari ada yang butuh dan membaca, sekalipun bukan orangnya yang dibuatkan si tulisan baginya.

Damn i just love movies!

Dan aku kangen lelaki kecilku! Siyal! Karena sibuk sudah satu minggu lebih ga ketemu sama sekali😥 padahal kan sebentar lagi nona ini mau mudik!!! Hm… katanya sih dia juga sangat kangen padaku dan kalau jadi akan buka bareng sore ini… Harus jadi then!!! Awas kalau tidak!!! Dan aku sudah tidak sabar menunggu THR benar benar turun supaya hati tenang berangkat liburan huhuhuhu Dan yang dan lagi satu lagi!!! Pengen cepet cepet oktober dan turun SK siapa pembimbing baru dan cepet cepet mulai dan tentunya cepet cepet selesai dan cepet cepet menunjukkan ke pembimbing lama, that its not all about me!!! Mohon doa…

17 comments on “Ternyata Lebih Mudah Dengan Tulisan

  1. warmorning
    September 22, 2008

    ayo tulis surat !!!😀 seperti kebiasaan saya sampe sekarang ehehe

  2. warmorning
    September 22, 2008

    dan met mudik, non ! hati-hati yeee, lelaki kecilmu ojo dipikirno ehehe,
    eh tidak semua orang bisa ngomong langsung dengan baik *include me*

  3. naki
    September 22, 2008

    koq sayah lebih suka nOvelnya yaa.. lebih dapet aja gitu suasana-nya , nOvel yang sukses bikin saya nangis berember2😀

    at least dia ngaku kangen kan , nahh kalO cowoku mahh bOro2 -__-

    btwei .. slamat mudik yaa

  4. achoey sang khilaf
    September 22, 2008

    OK dik

    moga segera kelar kuliahnya🙂

  5. Yudha P Sunandar
    September 22, 2008

    hm.. mungkin dengan menulis, seluruh perasaan lebih keluar lantaran ngak ada tekanan dari orang yang dituju. semua hal bisa dijelaskan secara tuntas. beda kalo ngomong langsung. belum selesai ngomong, udah dipotong duluan atau dijudge duluan. apalagi kalo misalnya sang lawan bicara lebih keras dari kita. bisa2 kita terus yang diceramahin…

    anw, met mudik yah. jangan lupa oleh2 dari yogyany yah…😀

  6. rizkiariefandi
    September 22, 2008

    mba… saya juga suka ama ini movie..
    tepatnya sih saya lebih suka dengan novelnya..
    so ramantic..

    dan baru krmn mlm jg nonton filmnya..
    beruntung diriku blm tidur..

  7. Pingback: [Book 'n Movie] Message in a Bottle « The Jurnal of Me

  8. edratna
    September 23, 2008

    Ada pasangan suami isteri, yang kalau lagi bertengkar melalui surat, demikian juga jika sedang berbahagia. Sepucuk surat, sekedar cuma beberapa baris kalimat, mampu menggugah perasaan.

    Jadi,walau udah ada sms, sesekali mengirim surat kepada pasangan boleh juga dicoba.

  9. fisha17
    September 23, 2008

    kapan makan-makannya??😆

  10. Tigis
    September 23, 2008

    nah yg ini setuju banget. Entah kenapa pertemuan itu seringkali membuat lidah kelu. Sehingga bahasa tulisan dirasa jauh lebih mudah. Apa mgkin itu sebuah tanda bahwa kesendirian bisa membawa kejujuran barangkali yah:mrgreen:

  11. silly
    September 24, 2008

    ehh, saya juga suka banget nonton lohhh, rasanya menyenangkan menyenangkan mengetahui ada banyak cerita2 ttg hidup yang bisa kita pelajari dari kehidupan org lain, termasuk film.

    and menulis, benar-benar satu kegiatan yang menurut saya tidak waisting time, seperti halnya dituduhkan banyak org, yang berfikir bahwa menulis, entah di blog, dibuku, surat atau apapun, hanya buang2 waktu saja. Menurut saya, menulis itu terapi, yang bisa membantu kita melepaskan apa yang ada di kepala kita (pendapat, argumentasi, misuh2, dsb), bahkan yang ada dihati (perasaan, curhatan, dsb)… And kalo berguna buat org lain, bisa nambah pahala bukan?… Besides, menulis kek kita begini bisa nambah temen, contohnya aku dan dirimu, khan berkenalannya lewat media tulisan, hehehehe

    So, jgn berhenti menulis… (haduh, tiba2 berasa lost focus deh… ini ngomongin ttg film khan?, hehehehehe, kidding)

  12. neng fey
    September 24, 2008

    serius euy, gw blom pernah nonton film ituh, *tersipu2*
    btw mudik kemana? oleh2 dung!!

  13. toba
    September 25, 2008

    karena menulis pake keyboard… ngapusnya gampang….

    salam kenal😀

  14. zee
    September 25, 2008

    Soalnya kadang mo ngomong lgsg ke orangnya takut ga puas. Jd emg lbh enak dengan tulisan. Itu sebabnya novel-2 & cerpen laris diminati, krn itu sebagian besar adalah kenyataan dari curahan hati kita. Trs blog jg begitu, lbh bebas rasanya ngeblog drpd bicara2 lgsg.

  15. jeunglala
    September 25, 2008

    Message in the bottle…
    Love it, Nat.
    Mengharu biru buanget!!! Butuh tissue banget!! :

    Eniwei,
    Kayaknya gua lebih baik ngomong daripada nulis, kalau memang ingin segera tersampaikan ke seseorang dan males menunggu responnya yang kelamaan. Tapi untuk some cases, I’d rather write it down. Biar kata-katanya lebih teratur… Biar lebih nggak bikin nyesel karena terlalu nyablak…
    🙂

  16. ray rizaldy
    September 25, 2008

    daku agak autis klo lewat ngomong langsung. jadi tulisan adalah media cerita daku dimana setidaknya ada orang yang mengerti daku.
    so for me it’s still better to write than talk.

  17. cahaya
    October 10, 2008

    Iya memang lebih sulit ngomong sich dari pada nulis He’eh kebalik ya… Lebih mudah nulis dari pada ngomong …
    Loh sama aja ya..
    Intinya setuju gampangan nulis dah untuk ngungkapin semuanyanyanynyaaaa…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on September 22, 2008 by in Feels and Thoughts, muvee and tagged , .

i Wrote About:

RSS To Train My Rusty English

  • REVENGE
    It just that since I subscribed to a pay TV, and now resigning from my latest radio job, and pretty much working from home, I watch TV for about 4-6 hours a day. I cut it down from 6-8 hours a day, that's when I decided that Im going to Dubai next year with my business :DBut there's a huge different from Indonesian local TV and cables, indeed! I do […]
  • The Trilogy Time
    Aloha!Oh my, its been forever since I wrote in this blog :p I was gonna let this one abandoned anyway :lol: But then again, in order to smoothered my rusty English, gonna start practicing it here again :DSo, how have you been? Me? Well.. Kinda busy with this business I've been joining for almost 3 years now. Quit the announcing job for some reason. And […]

My First Baby

Follow Me? ;)

%d bloggers like this: