If its Not So Important To U, Well It Is For Me

some things are better left written

Beauty Beauty Is Only a Skin Deep…

Bagian akhir dari siklus menstruasi, pada kurang lebih hari ke 22, dihubungkan dengan terjadinya depresi, kecemasan, dan lebih besarnya kemungkinan daripada tahap tengah siklus menstruasi, ketika ovulasi sedang berlangsung. Perempuan sering menunjukkan tingkat harga diri dan percaya diri yang lebih selama masa ovulasi. Hormone hormone kewanitaan mencapai puncaknya kurang lebih pada hari ke 22 hingga hari ke 24 dari siklus menstruasi, sama dengan waktu keika depresi dan kerawanan mencapai puncaknya. Kontrasnya, perubahan suasana hati bisa mempengaruhi tingkat hormone. Perasaan yang sangat akan mudah marah dan depresi mungkin mempengaruhi system endokrin dan memproduksi lebih banyak estrogen (Life Span Development : Santrock 1995)

-mencari pembenaran… ah dear, u know me better, rite? Never meant any of those stupid things *or words* did under the influence of damn hormones-

Nope nope. Lagi tidak akan bicara soal PMS (lagi dan lagi) tiap bulannya ah. Kasihan pada dirinya yang pasti paling pusing kalau saya sedang kumat. Tapi hal lain. Yang masih mungkin dibawah pengaruh hormone, atau hanya konsep diri yang memburuk.

beauty is only a skin deep

Gara gara kemarin waktu siaran seorang teman di radio bilang, “nambah sehat aja lu! lagi hepi yah?“. Dengan cara bicaranya yang masuk akal saya sih bisa cengar cengir saja. Tapi saya jadi ingat satu waktu dimana saya bertemu dengan seorang teman yang padahal dulu mengakunya sahabat saya tapi rasanya sangat tidak pantas bahkan buat dapat predikat teman baik. Setelah hampir dua tahun kami tidak bertemu padahal sudah sama sama tinggal di Bandung tiba tiba dia bilang dengan luwesnya “ya Alloh cha… naha jadi makin badag? Gendut pisan ih siga babi! Itu muka juga kenapa jadi nambah ancur da dulu ga begitu?” Geez… what kind of friend wud say sumthing awfull like that?

Pernah tidak merasa jadi orang yang tidak punya kelebihan sama sekali physically? Saya pernah. Salah. Saya masih kadang kadang. Dulu lebih parah. Waktu SMA saya sama sekali menolak buat melihat cermin. Kecuali di pagi hari saat memang harus. Tidak pernah saya ikut ikutan bersama teman segank saya yang dulu kalau melihat cermin sedikit langsung mematut matut diri. Saya pernah sebenci itu pada cermin. Benci pada pantulan yang dihasilkannya. Benci pada sosok perempuan gendut dan jerawatan dan tidak ada bagus bagusnya sama sekali yang ditampilkannya. Benci pada bayangan saya.

Dan tidak berhenti disitu. Sebagai bagian dari sebuah dunia, yang membuat kita jadi mahluk yang katanya mahluk sosial dan tidak bisa hidup tanpa orang lain, mau tak mau ada satu stándar yang “entah-siapa-yang-menentukan” soal kecantikan dan “kepantasan”. Ada satu tuntutan tidak tertulis yang rasanya diemban, yang membuat gadis gadis berusaha tampil cantik dan menarik dan para lelaki se”macho-man” dan segagah mungkin supaya punya yang namanya daya tarik.

Tuntutan yang membuat orang punya ideal-self yang tidak masuk akal dan ketinggian. Suatu hal yang jadi beban dan membuat pengotakan cantik dan tidak cantik. Ditambah dengan lingkungan yang memberi perkuatan pada standarisasi tersebut, jadilah satu tahap yang susahnya bukan main buat membentuk konsep diri yang bagus. Is that what they really want?


Hari ini saya bercermin. Lihat muka berjerawat sepanjang masa yang sama. Lihat perempuan bertubuh jauh dari ideal yang sama. Lihat bayangan saya. Tapi saya mencintainya. Saya mencintai diri saya dengan segala kekurangan saya. Satu hal yang saya paling ingat selain kuliah kuliah psikologi yang bagaikan rawat jalan buat saya, yaitu kata BFF saya yang bilang, “Mungkin Allah ga mau kita cantik karena Allah tau kalo kita cantik bisa ujub” heuheuheuheueh agak bodoh, tapi menghibur dan masuk akal😀 That’s why I love her!

Dan sebenarnya belum nonton KUNGFU PANDA tapi sudah dapat satu quote menarik dari cerita adik saya yang saya sudah modifikasi buat dipakai sendiri

Im not a big fat girl! Im a UNIQUE BIG FAT GIRL!

Dan dengan segenap konsep diri yang semoga utuh selalu, kalau saya bertemu orang seperti so called long lost friend itu, cuma akan bilang… What so fu**ing ever!

Love yourself dear!

45 comments on “Beauty Beauty Is Only a Skin Deep…

  1. ulan
    June 24, 2008

    i love my self..

  2. khofia
    June 24, 2008

    emang temen kamu yang ngomong sadis itu cakep?
    kalo emang temen kamu cakep, sok lah dia bicara macam gitu…
    tapi biasanya orang cakep yang bisa ngeluarin komentar sadis hanya cakep di luaran saja… tapi hatinya gendut, berjerawat, dan yang jelek2 lainnya *a ha ha ha*

    love your self, dear…
    and then love me…
    then i’ll love you…

  3. jiwakelana
    June 24, 2008

    jangan berkecil hati bila ada teman yang ngatakan begitu, tapi coba perhatikan apakah dia benar apa tidak. karena seorang teman adalah orang yang berkata benar tentang dirimu dan bukan orang yang membenarkan kata-katamu. eh.., aq ngawur ya ta…sory.

  4. GiE lagi dapet BLE
    June 24, 2008

    Cantik dan ganteng itu absolut di dalam, tapi relatip di luar.
    😉

    Anw, dirimu cantik kok, naz…

    *kedap-kedip sambil tersipu*😳
    :mrgreen:

  5. kniapril
    June 24, 2008

    Yang penting sehat.
    Ok?
    Tos dulu naz..!!

  6. arifrahmanlubis
    June 24, 2008

    salam kenal mbak natazya.

    yak PD selalu.

    dari Allah selalu yang terbaik.

  7. achoey sang khilaf
    June 24, 2008

    wah mbak tuh hebat
    jadi tetep semangat🙂

  8. ChaL
    June 24, 2008

    yup, harus pede donk, ga boleh minderan…:-)

    cantik itu relatif .
    Org ga memandang dari tampang doank, tapi dari kepribadiannya…*tsahhhh*

  9. Hidden Closet
    June 24, 2008

    kamu cantik kok
    itu yg di poto bibirnya aja cantik🙂

  10. ichanx
    June 25, 2008

    KITA sama-sama cantik kok nat…… *kesamber petir*

  11. naki
    June 25, 2008

    orang model gitu emang banyak bertebaran dimana2 mba , n itu ga sebatas dari temen doangan , tapi juga dari yang ngaku2 sOdara sendiri * pengAlaman pribadi *
    bingung gw , kOq mulut sama silet sama aja tajemnya -__-

  12. Wempi
    June 25, 2008

    Wempi sudah 26th blon pernah ngalamin menstruasi.
    Lagian wempi gak cantik-cantik juga.

  13. toim
    June 25, 2008

    namanya cantik jg bs diusahain koq.beli2 kosmetik, ato bedak kan biar berubah lbh cantik.beli baju yg pas jg bs bikin lbh keren
    (ini kayak nona i-gun yah)😀

  14. thez al fajr
    June 25, 2008

    Jangan pikirin pendapat orang lain tentang kita. ALLAH telah menciptakan makhluk-NYA dalam bentuk yang sebaik-baiknya. Dan hanya keimanan dan ketakwaan yang lebih bernilai di mata ALLAH.

    You’re beautiful..you’re beautiful…it’s true…

  15. leah
    June 25, 2008

    Media iklan salah satu setan yang paling kejam. Coba lihat banyak iklannya,
    cantik itu putih mulus.. cantik itu kurus langsing….

  16. KiMi
    June 25, 2008

    Sesama orang cantik harus pede. Tsaaaahhh,,,, Gaya banget dah gue? Ahahahahaha…

  17. ardee
    June 25, 2008

    setuju 1000%… we’re unique

  18. zoel chaniago
    June 25, 2008

    hohohohoho saya juga cantik ko”😆

  19. nh18
    June 25, 2008

    hhmmm
    ini bahasa gaulnya narcis bukan ? (maap)🙂

    but … yang jelas …
    Jangan hukum dirimu secara berlebihan … !!!

    udah gitu aja

  20. Edi Psw
    June 25, 2008

    Cerminnya yang perlu dibersihkan kali?!

  21. niaalive
    June 25, 2008

    sapa tau itu ada kelanjutannya omongan temennya itu ” kenapa badannya makin badag? coba kamu diet sehat de, selain lebih sehat juga bagus untuk penampilan ” trus ” itu muka ancur gitu, coba ke klinik Erha, ketemu Dr. Rony, dijamin tok cer ” tuuh kan, pasti ada sisi positip nya, tergantung sudut pandang kita, orang cantik juga kalu mikir negatip mulu pasti ada aja kurangnya…

    dijakarta ada yang namanya katahati institute, so great! disitu kita diajarin sejuta hal yang semuanya berujung di ke ikhlasan..

    semua yang dijakarta, this is must-entered club!! lets enroll.. ko malah promosi??

    lagian kalu bukan kita yang mencitai diri kita, siapa lagi.. aduh, kok kasian amat ya… huks

  22. nengthree
    June 25, 2008

    “ya Alloh cha… naha jadi makin badag? Gendut pisan ih siga babi! Itu muka juga kenapa jadi nambah ancur da dulu ga begitu?” Geez… what kind of friend wud say sumthing awfull like that?

    heu..heu..
    hajar!!!! bukan temen yang baik tuh..😆

  23. neng fey
    June 25, 2008

    aku ndut.. tapi imut, hehehe

  24. chatoer
    June 25, 2008

    there is a hero in yours….. (dari kungfu panda juga.. tapi daku lom nonton euy)😛

  25. inidanoe
    June 25, 2008

    setuju ma mas ulan😀

    i love my self..
    and
    i love this blog..

  26. Yoga
    June 25, 2008

    Asyik saya punya temen😀

    Kungfu Panda… jadi pengen nonton, Naz pinjem bajakannya boleh tak?

  27. tc
    June 25, 2008

    gpp..yang penting bikin laki2 gemeeessss…..
    hehuihhihih

  28. cinker
    June 26, 2008

    jangan ngomongin cantik/ganteng donk….soalnya saya tiap ngeliat kaca…..kacanya pecah semua heheheeee………

  29. putradi
    June 26, 2008

    seumur hidup, belum pernah ngalamin PMS ..😀

  30. yainal
    June 26, 2008

    atas nama kecantikan, banyak wanita (yang tidak sadar) terjebak didalamnya..

  31. gakpede
    June 26, 2008

    *menoleh kanan kiri liat bibir orang ngomong bersahutan, semua lucu, bibirnya itu lho*

  32. latree
    June 26, 2008

    ‘teman’ yang mengatakan kamu jelek gendut dlsb itu, pasti lagi mabok, kalau tidak boleh kubilang buta.
    love your self.
    i always love my self.
    and i learned more to, from my girl

  33. NO2
    June 26, 2008

    I hate anyone and everyone

  34. temukul
    June 26, 2008

    Kenapa ya orang berbadan lebih besar —baca gemuk— kurang disukai. Padahal abad lalu, kabarnya yang disukai adalah orang gemuk. Tau ah gelap n sepertinya ini masalah persepsi.

  35. carra
    June 26, 2008

    lhah… emang kenapa dengan berbadan besar… berjerawat de es be de es be… yg penting mah sehat!!! lahir dan batin…😉

  36. masenchipz
    June 26, 2008

    wah… ngomongin ganteng… jdi mo ngaca dulu niy… rambut gw dah rapi blom ya…. upz… blom disisir… pake topi ah…. hiks…hiks….

    pisss om…eh salah… pisss bu…..

  37. brokolisehat
    June 27, 2008

    Ah orang yang ngomong kasar soal fisik orang lain, menurut gw mah orang paling tidak percaya diri didunia. Karena dia berharap bisa membuat orang lain merasa inferior dan dengan itulah dia merasa superior. Jadi inget komentar mantan gw yang tiap ketemu gw bilang “Non, kok tambah gemuk sih? perasaan dulu waktu sama aku mah gak. Kamu jadi kayak…..”. Dan jawaban gw adalah “Yap, ini perempuan gemuk lucu, yang padanya selalu lu bilang kata-kata cintrong nan najis bahkan setelah lu punya anak istri kaaan. Plis deh, you’re not better than me not even a bit”. Dan dia nyengir asem

  38. ven
    June 27, 2008

    aggghhhh buanyak bgt orang yg kayak begitu….tp yg jelas orang yg menilai cm dr luar doang justru dia yg perlu dipertanyakan “kepribadiannya”

  39. Pingback: whatever! » how do you define…

  40. haSna- ^_^
    June 28, 2008

    kalo aku di depan cermin juga sering mempertanyakan hal yang sama tp beda (hiyah…..deng donk!!!) gini maksutnya, aku heran, orang2 tuh pada buta kali ya kok banyak yang ngatain aku manis dan sejenisnya, perasaan kalo kuliat-liat sendiri gak ada menarik2nya sm skali, hehehe…..

  41. haSna- ^_^
    June 28, 2008

    becanda dink, aku sangat bersyukur atas apa yang telah Tuhan berikan padaku dengan segenap kelebihan dan kekurangan yang justru memacu aku untk bisa berbuat lebih dari apa yang aku bisa saat ini, ^_^ SALAM SEMANGAT!!!

  42. Tigis
    June 29, 2008

    gue jadi inget film Liar Liar nya Jim Carrey. Di situ dia rada nyindir, ungkapan inner beauty itu hanya populer di kalangan org2x jelek🙂
    tp mgkin bener juga. Di jaman yg materialistis dan serba kosmetik kyk skrg fisik yg jelita bisa jadi keunggulan utama yg ga mgkin terkalahkan. Semua skrg memuja2x keindahan luar.

    kalo gue mah uda nerima tampang pas2xan hehe

  43. Mi_Chan
    July 1, 2008

    I love myself…Hohoho!

    D kasi ama Tuhan tampang kek gni, yauda terima aja. Lagian, definisi cantik skrg udh d slah gunakan tho…😛

  44. ndutyke
    October 20, 2010

    Sangat menginspirasiiiiii! Love this post so much! Jeng, aku copas sebagian ya buat di blogku:

  45. ndutyke
    October 20, 2010

    Ini postingannya, jeng : http://tyka82.posterous.com/copas-to-love-the-way-we-look | dan di tumblr juga http://ndutyke.tumblr.com . Klo km keberatan, tinggalin pesan/komen aja. But I really hope that you don’t mind, hehehe…

Leave a Reply

Information

This entry was posted on June 24, 2008 by in Feels and Thoughts, PsikoThing and tagged , , .

i Wrote About:

RSS To Train My Rusty English

  • REVENGE
    It just that since I subscribed to a pay TV, and now resigning from my latest radio job, and pretty much working from home, I watch TV for about 4-6 hours a day. I cut it down from 6-8 hours a day, that's when I decided that Im going to Dubai next year with my business :DBut there's a huge different from Indonesian local TV and cables, indeed! I do […]
  • The Trilogy Time
    Aloha!Oh my, its been forever since I wrote in this blog :p I was gonna let this one abandoned anyway :lol: But then again, in order to smoothered my rusty English, gonna start practicing it here again :DSo, how have you been? Me? Well.. Kinda busy with this business I've been joining for almost 3 years now. Quit the announcing job for some reason. And […]

My First Baby

Follow Me? ;)

