If its Not So Important To U, Well It Is For Me

some things are better left written

From Klab Baca Qanita : On Call with Astrie Ivo

Kamis kemarin seperti biasa di Klab Baca Qanita, selain bersama Mbak Tutuk, narasumber tetap kami, akan ada seorang narasumber lagi yang berganti setiap minggunya. Untuk minggu ini kami punya Astri Ivo di line telephone melakukan on-call-interview membahas bukunya yang berjudul Bukti Cintaku PadaMU yang menceritakan awal mula dirinya berjilbab.

Pada akhirnya sesi interview yang berlangsung dua cut tidak membicarakan soal isi buku pada khususnya, namun lebih kepada hal hal yang melatarbelakangi penulisan buku, yang mana akan juga kembali kepada alasan kenapa akhirnya Astri Ivo memutuskan buat berjilbab.

Yang menarik adalah bahwa ternyata tidak saya sangka sebelumnya ibu ini adalah sosok muslimah yang sangat pintar. Terdengar dari cara bicaranya dan penjelasan yang diberikannya. Menggunakan tutur bahasa yang mudah dimengerti namun dengan pesan yang berisi.

Menurut dia, yang pada akhirnya membuatnya memutuskan untuk berhijab adalah suatu pemahaman pribadi, dimana akhirnya dia sadar bahwa berjilbab itu adalah kewajiban. Kewajiban dan bukan pilihan. Pilihannya adalah apakah akhirnya akan melaksanakan kewajiban itu atau tidak. Seorang guru dimana ia menuntut ilmu agama mengatakan bahwa memakai jilbab itu tidak wajib. Namun dengan segenap keyakinan dan pemahaman yang akhirnya didapatkannya, dia tetap pada pilihannya untuk berjilbab.

Awalnya tidak mudah. Awalnya ingin mengenakan jilbab sejak usia 28. Namun sang suami yang waktu itu diberitahu niat baiknya malah melarang dan berkata “Buat apa sih pakai jilbab? Kamu kan sudah jadi orang baik, sudah rajin ibadah, sudah bisa baca Quran, sudah rajin puasa senin kamis. Masa masih mau pakai jilbab juga?” Dan setelah melewati diskusi, malah mengatakan “Ya sudah boleh. Tapi nanti kalau umur 40 saja” Lha kalau tidak sampai 40 tahun? “40 tahun? “Ya bukan rejeki kamu namanya” sambil tersenyum namun tetap teguh pendirian. Tapi Astri juga berpendapat bahwa sebagai istri yang baik, titah suami harus dikedepankan, maka ia menuruti sang suami.

Ijin memakai jilbab baru di acc pada saat usianya 35 tahun sepulang dari menunaikan ibadah haji dan masih mengenakan busana muslim hingga 3 minggu setelahnya, hingga akhirnya sang suami mengijinkan buat tetap mengenakan untuk sehari harinya. Alhamdulillah, ujarnya saat itu.

Menurut Astri, ya memang hidayah yang akan membuat seseorang menunaikan kewajibannya sebagai hamba Allah. Namun yang namanya hidayah itu, ada yang menerimanya, ada yang bahkan menolaknya, dan sebetulnya kebanyakan seharusnya menjemputnya. Dan itulah yang ia rasa dia coba lakukan. Menjemput sang hidayah.

Dalam bukunya ia menuliskan,mengenali agama tidak cukup hanya memahami, tetapi juga harus diselami untuk mengetahui sampai sedalam dalamnya. Dan baginya tidak heran banyak yang tidak mengerti betapa besar cinta kasih Allah pada manusia karena mereka tidak mencoba buat mengerti. Analoginya sederhana. Dulu sang suami yang terlebih dulu kuliah di Jerman (pada akhirnya Astri juga menempuh S2nya di Berlin bersama sang kekasih) sering mengirim SMS romantis dalam bahasa Jerman. Saat itu Astri tidak mengerti apa maksudnya sekalipun telah mengerti artinya. Namun ternyata begitu dia sekolah di Jerman dan bergaul dengan orang Jerman, baru dimengerti bahwa arti kata kata yang dikirimkan sang kekasih sangatlah dalam dan menyiratkan suatu perasaan yang kuat. Demikian juga dengan isi dari Al-Quran. Orang tidak akan pernah bisa mengerti apa yang dimaksudkan di dalamnya kalau memang belum mau paham sang bahasa dan penafsiran dibaliknya. Satu lagi yang sudah sering didengar namun sore kemarin diingatkan kembali oleh ibu Astri ini adalah Karena setiap perintah dan larangan yang diberikan Allah pada manusia tidak bermanfaat sedikitpun untuk Allah, tapi semuanya buat manusia.

Sesi perbincangan pun selesai sudah karena jamnya habis begitu saja dan Astri Ivo titip pesan supaya menonton serial Hamba Hamba Allah (ini juga kalau saya tidak salah ingat judulnya) yang mana sore itupun dia sedang berada di lokasi syutingnya.

Di bukunya sendiri Astri tidak hanya bicara mengenai bagaimana kisahnya dalam memakai jilbab, tapi juga memberikan bonus teknik perawatan diri dan kecantikan terutama buat perempuan yang berjilbab supaya tetap tampil cantik dan menarik. Silakan dibeli dan dibaca sendiri bukunya. Insya Allah ada manfaatnya.

19 comments on “From Klab Baca Qanita : On Call with Astrie Ivo

  1. DensS cessario
    June 20, 2008

    “Buat apa sih pakai jilbab? Kamu kan sudah jadi orang baik, sudah rajin ibadah, sudah bisa baca Quran, sudah rajin puasa senin kamis. Masa masih mau pakai jilbab juga?”

    :-/

    “Ya sudah boleh. Tapi nanti kalau umur 40 saja”

    😆

    Karena setiap perintah dan larangan yang diberikan Allah pada manusia tidak bermanfaat sedikitpun untuk Allah, tapi semuanya buat manusia.

    *4 Thumbs Up*

    ^_^

  2. rani!
    June 20, 2008

    gw denger siarannya lhooooo ;))

    entah mengapa merinding….


    gw yang siaran ajah terkesima😀

  3. GiE
    June 20, 2008

    Saya suka sekali melihat perempuan berjilbab. Kesannya selain cantik juga adem ngeliatnya, elegan dan berwibawa, gitu deh…🙂

    hihi…

    8->


    *tersipu najis :p

  4. nenyok
    June 20, 2008

    Salam
    Masalahnya dia memang sudah cantik euy jadi pake apapun pantas2 saja bukan, nah sedangkan namanya jelek kan mutlan Non, gimana atuh😀


    heuehuheu hmmm sedih akuh kalo begitu :p

  5. Tigis
    June 20, 2008

    gue jadi inget pas kelas 1 SMA. Wkt itu kakak2x kelas gue yg kelas 3 pada demo ga mau ikut pelajaran sekolah gara2x ke sekolah dilarang berjilbab. Masa itu jilbab memang msh jadi satu hal yg asing dan sedikit tabu. Kalo ngebayangin hal itu jadi salut gue ama kakak2x kelas itu. Demi keyakinan sanggup menjadi kaum yg terpinggirkan. Kalo jaman skrg jilbab uda umum, bahkan malah kadang jadi trend sesaat.


    sekolah di mane om? seyam gituh heheu

  6. Daniel Mahendra
    June 20, 2008

    Di luar soal hidayah di atas, penyiarnya jadi promosi buku di blog-nya sendiri. Kayaknya kepincut bin terkagum-kagum nih sama sosok penulisnya…😉

    (sah-sah aja kok)


    hmmm ngga juga hehehe
    saya sih buku apa yang dibawain talkshow dan saya suka either bukunya atau narsumnya, pasti saya tulis😉

  7. ichanx
    June 21, 2008

    baik.. baik… saya akan memakai jilbab juga…. arrggghhhhh, apa kata dunia?


    heuheuheuheuhe jadi neneng ichanx atuh…

  8. galihyonk
    June 21, 2008

    Hm,,

    modelnya memang cantik… heHEhe,,,

    *ndak nyambung mode:ON…..

    jilbab adalah tanda kepatuhan wanita thd Alloh,,,,😉


    aku cantik gaaaaa??? :p

  9. achoey sang khilaf
    June 21, 2008

    Mbak Astri
    sebuah contoh perjalanan yang menentramkan

    Seperti halnya dirimu sobat🙂

    uhuk uhuk tersipu najis kembali heuheuhueh

  10. insansains
    June 21, 2008

    ^_^ Postingan seperti ini yang paling saya suka dari seorang Natazya Wicaksono. GREAT…!! Thanks tante atas sharingnya. Nambahin dikit ah.. “dan hal itulah yang membuat wanita di dunia lebih tinggi kedudukannya di bandingkan dengan bidadari”

    makasih ooom ^_^

  11. jiwakelana
    June 21, 2008

    rambut adalah mahkota wanita, sebuah keindahan. akan tetapi akan terasa lebih indah bila ia dapat dijaga dan dilindungi karena rambut adalah aurat sang wanita.


    hmmm rambut saya ga indah indah amat sih…

  12. takochan
    June 21, 2008

    wauw, saya setuju sekali soal menjemput hidayah itu! Keren🙂

    he euh! pintar sekali mbak astrie emang!

  13. Hidden Closet
    June 21, 2008

    saya juga pengen pake jilbab
    tapi dilarang keluarga
    hwhwhwhw…


    hauhauhauhauhauha
    *speechless :p

  14. ven
    June 22, 2008

    ehemmm bagaimanapun kalo public figure yg bicara lebih banyak orang yg lebih terkesima….dan efeknya adalah apa2 yg dilakukan pun jd diikuti

    alhamdulillah yah kita punya public figure spt astri ivo….coba kalo semua public figure ngasih contoh hal2 yg baek semua buakankah sangat mungkin bisa membawa yg laen2 jg untuk menjadi baek

  15. hidayanti
    June 22, 2008

    setuju!!!!jilbab itu FREEDOM!!!!

  16. awan sundiawan
    June 23, 2008

    cantiknya…. kalau wanita pake jilbab….😀

  17. tukangobatbersahaja
    June 24, 2008

    tapi ada loh pekerjaan yang melarang wanita memakai jilbab
    gimana dong?

  18. Gunawan
    June 24, 2008

    rambut adalah mahkota wanita, kan sayang sih di biarin kena debu terik matahari ntar lagi ketombean

    Maha Tau ALLAH atas segala perintahnya dan larangannya toh bermanfaat ..!!

    Bener tidak ibu ibuu….???!!1

  19. Gunawan
    June 24, 2008

    tukarang backlink youuukkkk😀 kali ajah berkenan😛

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on June 20, 2008 by in mustikas and tagged , , , , , .

i Wrote About:

RSS To Train My Rusty English

  • REVENGE
    It just that since I subscribed to a pay TV, and now resigning from my latest radio job, and pretty much working from home, I watch TV for about 4-6 hours a day. I cut it down from 6-8 hours a day, that's when I decided that Im going to Dubai next year with my business :DBut there's a huge different from Indonesian local TV and cables, indeed! I do […]
  • The Trilogy Time
    Aloha!Oh my, its been forever since I wrote in this blog :p I was gonna let this one abandoned anyway :lol: But then again, in order to smoothered my rusty English, gonna start practicing it here again :DSo, how have you been? Me? Well.. Kinda busy with this business I've been joining for almost 3 years now. Quit the announcing job for some reason. And […]

My First Baby

Follow Me? ;)

%d bloggers like this: