If its Not So Important To U, Well It Is For Me

some things are better left written

PERSONA

Kenapa kadang seseorang bertindak tidak sesuai dengan apa yang sebetulnya ingin dilakukannya, tetapi mempertimbangkan reaksi yang akan muncul dari orang lain yang dihadapi maka akhirnya keputusan akhirnya adalah memang yang tidak sesuai dengan dirinya itulah yang harus ditampilkannya dan membiasakan diri dengannya?

Tidak jarang mengenal orang yang bisa menampilkan perilaku yang sangat berbeda di lingkungan yang berbeda dimana ia berada. Jangan. Jangan lihat orang lain dulu. Lihat diri sendiri. Diakui atau tidak tapi diri sendiri pasti tahu betapa dalam satu hari saja berapa kali kita mengganti topeng dalam menghadapi lawan yang berbeda di hadapan.

Kenapa topeng?

Karena kepribadian kita konon katanya adalah topeng. Personality. Yang diambil dari sebuah kata dari bahasa Yunani Persona yang arti sebenar-benarnya adalah topeng. Topeng yang kita kenakan setiap hari. Topeng yang jadi bagian dari diri. Topeng yang menyesuaikan diri dengan peranan yang harus dijalani. Topeng yang melindungi diri dari pandangan orang lain, melindungi dari ketidakpantasan diri.

Tidak mau bicara tentang kepribadian. Tidak peduli. Lebih suka pada topeng tadi. Topeng yang mudah sekali berganti. Mudah sekali menutupi wajah asli. Topeng yang tidak akan pernah benar benar tertanggalkan. Topeng diri.

Sedikit berharap bahwa dulu “membeli” atau mungkin sekedar “menyewa” ataupun “dibelikan” dan “disewakan” topeng di tempat yang bermutu dan bukannya hanya beli di pinggir jalan dengan bentuk wajar yang tidak sedemikian pantas buat dibanggakan. Topeng yang semoga saja pantas dibawa kemana mana. Topeng yang bisa menutupi seberapabusukpun wajah asli dibaliknya.

Malam ini mengingat tentang topeng. Karena satu topeng paling nista hampir terpakai lagi. Menimbulkan rasa takut dan resah. Takut wajah di balik topeng terlihat sudah. Wajah yang tidak pernah ditujukan pada dunia selain pada dunia di balik kaca, milik sendiri. Takut. Takut kenakan topeng yang salah pada waktu yang salah. Takut. Takut topeng topeng lainnya rusak sudah dan tidak mampu lagi tampilkan diri. Takut.

61 comments on “PERSONA

  1. eagle
    June 15, 2008

    That’s it


    thats what?

  2. aminhers
    June 16, 2008

    Duh jadi ingat lagu Peterpan. Manusia mempunyai sifat2 dimensi topeng? mudah2an saya hanya mengkoleksi minimal 2 topeng aja.

    kedikitan itu dikit…

  3. antokoe
    June 16, 2008

    perlu kebesaran hati dan keikhlasan mendalam untuk tampil tanpa topeng. tapi topeng kadang diperlukan karena untung menghadapinya harus bertopeng.
    wah jadi inget, dimana ya gw taruh topeng kemarin…. cari dulu ah….

  4. antokoe
    June 16, 2008

    karena lupa pake topeng jadi salah tuh ngetik ‘untuk’ malah ngetik ‘untung’.
    penginnya satu komen tapi karena lupa pake topeng jadi double komen.


    ya ya mengerti😀 moga moga ketemu tuh yang dicari hehe

  5. Panda
    June 16, 2008

    siapakah Miao Shan, kau bisa mengetahuinya setelah mengetahui siapa Kwan Im, dan versi-versi legenda tentangnya?


    wah.. pe er deh :p

  6. Daniel Mahendra
    June 16, 2008

    Terkadang topeng dibutuhkan bukan semata untuk menipu kok, tapi lebih pada beradaptasi pada habitat tertentu. Sekadar untuk menyelaraskan keadaan. Asal tujuannya nggak negatif, bertopenglah…


    rasanya dah bukan bertopenglah… tapi tiap orang memang bertopeng…

  7. alex®
    June 16, 2008

    *jadi mikir*

    Topeng saya berapa biji itu di rumah?😕


    itung itung itung :p

  8. ichanx
    June 16, 2008

    Tapi buka dulu topengmu,
    Buka dulu topengmu,
    Ingin kulihat wajahmu..
    *ariel the miracle bersenandung lirih*


    deuh… yang ariel wannabeh :p

  9. Yari NK
    June 16, 2008

    Hampir semua orang “pernah menggunakan topeng”, tapi tentu tidak selalu topeng tersebut “cocok” dengan orang yang memakainya…..🙂


    ga hampir kayanya om… rasanya tiap orang memang bertopeng hhehe

  10. KiMi
    June 16, 2008

    Saya tidak pernah bisa lepas dari topeng2 saya…


    saya juga kok ^_^

  11. Laporan
    June 16, 2008

    penyesuaian diri


    benar ^^

  12. Wempi
    June 16, 2008

    topeng berguna buat sembunyiin kekurangan kita


    hmmm… sort of

  13. kakanda
    June 16, 2008

    Kalau hanya mendengar omongan manusia, tidak ada habisnya,
    seperti di persimpangan ini

    promosi colongan heueuhuehueh

  14. tukangobatbersahaja
    June 16, 2008

    kalo pake topeng seharian apa kagak panas ntuh muke, muke ane gerah bin gatel-gatel *ngelap muke pake selampe*

    *lagak betawa mode on*


    betawi kaleee :p

  15. tehaha
    June 16, 2008

    karakter..
    dan kepribadian..
    memang misterius..
    jadi diri sendiri memang yang terbaik tapi bukan yang termudah..🙂


    menjadi diri yang tidak terlalu diri sendiri juga bagian dari diri sendiri😉

  16. chatoer
    June 16, 2008

    topeng luar memang paling mudah terlihat

    but what the inside, we dont know


    tentu.. kalo keliatan brati ga pake topeng… tapi jarang :p

  17. Yoyo
    June 16, 2008

    kembali lagi ke teori : kejujuran kadang menyakitkan…..🙂 makanya, fungsi topeng untuk menghindari sakit itu, karena topeng sudah mampu menutupi kejujuran🙂


    yap dan setiap orang pasti punya topeng😀

  18. Detz
    June 16, 2008

    ya Tuhan ini sangat sesuai dengan hidup Qu


    hidup semua orang rasanya…

  19. Rafki RS
    June 16, 2008

    Bahkan hidup ini sendiri adalah topeng bagi Yang Maha Kuasa untuk menyembunyikan kekuasaaNya. Banyak orang mengatakan dunia ini adalah panggung sandiwara.

    Ketika kita mengira kita punya kuasa atas perbuatan yang kita lakukan, kita lupa bahwa kita hanyalah wayang yang digerakkan oleh Sang Dalang yang memiliki kuasa sepenuhnya atas kita.

    Jadi bukan hanya kita yang membutuhkan topeng, Sang Penguasa Alam pun mengenakan topeng. Walaupun topeng yang dikenakkannya dimaksudkan untuk menguji kita semua.

    benar om! makasih ^_^

  20. yainal
    June 16, 2008

    well.. dunia ini memang paradoks..🙂


    yeap ^_^

  21. ubadbmarko
    June 16, 2008

    Yang lebih parah, muka badak , bertopeng lagi.


    heuehuheuehu padahal ga usah make topeng lagi yak :p

  22. yusdi
    June 16, 2008

    just be ourselves……….


    persona juga bagian dari kita kok..

  23. carra
    June 16, 2008

    hehehe… topeng yah… topeng saya mah banyak… dipake menurut kondisi😛 … moga aja pemakaiannya tepat


    betul bu… topeng saya juga banyak😀
    semoga makenya di saat yang tepat

  24. sha
    June 16, 2008

    assalamualaikum,

    kya lagunya peterpan.. manusia tbiasa mnyesuaikan diri pd tmpt ttentu biasanya, jd bs dibilang pake topeng bs engga. eniwei Lam knl^^


    yah… tapi saya nyebutnya make ah… merefer pada term persona😀

  25. jiwakelana
    June 16, 2008

    banyak orang pakai topeng dalam kehidupan sehari-hari karena dunia kita juga pangung sandiwara.


    heuheuheuhe bernyanyi nike ardila

  26. wanoja
    June 16, 2008

    i wanna be me….


    inget lagunya McFly😀

  27. AngelNdutz
    June 16, 2008

    just be you!!!😛


    i am me😀

  28. thez al fajr
    June 16, 2008

    Asal jangan topeng monyet aja…


    huehuehuehe ah lucu juga kayanya :p

  29. martsiano
    June 16, 2008

    eh itu topengnya kayak punya ANBU di pelm naruto…


    siapa? :p

  30. mZ.anGgIe
    June 16, 2008

    be ur self…
    that’s it..😉


    its that heuheuhue

  31. christi
    June 16, 2008

    kadang pake topeng biar aman…..


    biar ga keliatan aslinya hehe

  32. emma
    June 16, 2008

    kalau pake topeng gimana wudlu-nya ‘ga sah tuuhh,..

    @buat tukangobatbersahaja kan jualan obat, salepin aja gatalnya..

    Nataz..web kamu bagus, warnanya cantik, n salam kenal yaa
    ( sori aku numpang nulis nih )


    salam kenal juga buuu ^_^

  33. neng fey
    June 16, 2008

    terus terang blog saya adalah salah satu topeng saya, saya sedang bersembunyi di baliknya🙂


    u can run but u cant hide they say :p

  34. agoezi
    June 16, 2008

    Topeng…setiap orang pasti pernah memakainya🙂
    Kadang topeng memang diperlukan untuk menghadapi hal-hal tertentu…
    Nah ngomong-ngomong soal topeng, aq mo pakai topeng orang marketing nich…🙂 buka blogq donk… anak baru nich… Untuk Sebuah Arti
    Lam kenal…


    deuh topeng marketing :p

  35. takochan
    June 16, 2008

    asal jangan bertopeng saat berkaca…
    ya iyalah, takut sendiri nanti😆

    Gak ding, kalo topeng itu dipake untuk menyembunyikan kebenaran dari diri sendiri, well.. saya rasa itu rada parah😐


    dari orang lain oleh diri sendiri…

  36. Tigis
    June 16, 2008

    menarik nih tulisannya.

    Jadi sebetulnya bagaimana kita meletakkan hal itu. Kita anggap sebagai bagian dari karakter umum manusia, atau kita anggap sebagai sesuatu yang harus kita buang jauh2x.

    Menurut gue topeng itu justru menjadi bagian dari kepribadian kita. Memang ada kepribadian kita yg sifatnya konstan, reaksi konsisten kita terhadap sesuatu. Tp apabila kita dihadapkan dgn berbagai kepribadian luar yg berbeda-beda, ga bisa dipungkiri kalo kepribadian kita melakukan proses adaptasi utk bisa bertemu dgn kepribadian tsb. Jadinya mirip2x topeng2x. Gue pikir sah2x aja asal topeng yg kita kenakan bukan topeng seorang psikopat.

    Btw, kyknya pas ujan2x di studio rekaman kamu lagi ga pake topeng apa2x ya


    iyah… kalau sendiri topengnya saya lepas🙂

  37. ichanx
    June 16, 2008

    kamu teh ih… postingan sering banget di close commentnya… udah cape2 baca dan niat mo ngasih comment, eh taunya gak bisa… menyebalkan *jitak kepala si nata de coco*


    heheh maap atuh… yang kehatian mah cuma pengen diungkap sajah😉

  38. nenyok
    June 16, 2008

    salam
    “tapi buka dulu topengmu..buka dulu topengmu…” 🙂
    Ah Non topeng2 itu sering membuat perangkap untuku, hingga aku bimbang menentukan kemana mengambil arah, dan itu sangat menakutkan


    aku juga hidup dengan ketakutan…

  39. achoey sang khilaf
    June 16, 2008

    aduh
    jangan2 wajahku mempesona karena memakai topeng juga ya🙂


    hauhauhua eh bused pede :p

  40. Raffaell
    June 16, 2008

    Insya Allah, sejauh ini aku bertindak sesuai dengan keinginan ku, ehehehe


    hmmmm tapi pake topeng ga?

  41. langitjiwa
    June 16, 2008

    loh!? koq fotomu udh ganti yah itu yg bibir itu,hehehehe……

    masih ko! masih bangga pada si bibir :p

  42. Hidden Closet
    June 16, 2008

    apalagi saya
    kalo gak pake topeng bisa2 dijauhin sama orang banyak
    yah, curhat deh
    heheh…


    huahuahuahua nda papa deh mumpung gratis curcol curcoool :p

  43. latree
    June 16, 2008

    saat ini topeng bahkan tak cukup satu, harus punya banyak, ya ngga?


    yap! thats to survive😀

  44. galihyonk
    June 16, 2008

    Hm,, klo saiya sih asal jgn niru “aktor” utama sinetron Topeng Monyet aja…

    haHAha,,


    ada yah sinetron judulnya itu?

  45. Supir Bemo
    June 17, 2008

    Iyaaah… Stujuhh!!! muka tuh paling ga enak diiat kalo banyak topeng-topengnya… kesannya preman.. sangar gitu!! mau bekas jerawat kek, bekas cacar kek… tetep ga enak… apalagi kalo ditambah pake codet.. wahhh… syeremmm…


    aaaaahhhhhh uuu aaaaaaaahhhhhh

  46. warmorning
    June 17, 2008

    cuz manusia punya banyak sisi, yang kadang dia sendiri gak tau kesemua sisi itu🙂 isn’t it ?


    it is😀

  47. itikkecil
    June 17, 2008

    karena susah untuk membuka topeng itu….


    hmmmm mungkin…

  48. toim
    June 17, 2008

    topeng terkadang diperlukan utk ngelindungin borok2 kita😛


    indeed😀

  49. presty larasati
    June 17, 2008

    mampiiirrr…..😀

    mo comment postingan terbaru, di close…

    jadi liet2 koleksi topeng mba natazya aja dah…
    *kasih daaahhhh😆 *

  50. presty larasati
    June 17, 2008

    pinjemin satu topeng dong…

    ingin memakai satu topeng baru..
    😦


    hauauhauhua masa minjem jeng???
    tar ga otentik topengnyaaa huhuhuhu

  51. Rere
    June 17, 2008

    Jadi inget salah seorang temenku yang psikopat😛
    dia yang ngajari aku dengan begitu banyak topeng🙂


    ah memang.. kadang orang yang begitu pinternya ga ketulungan soalnya
    topengnya? selemari mungkin!

  52. Chic
    June 17, 2008

    kadang-kadang kita tidak sadar bahwa sedang memakai sebuah topeng, dan saking seringnya, udah lupa dengan muka aslinya…

  53. masenchipz
    June 17, 2008

    topengnya serem-serem bu… masenchipz ga mau ah… mo nya yg kayak kungfu panda aja…. ada ga bu… hiks…hiks….


    beli ajah ndiriiiiiiiiiiiii heheheheu

  54. agoyyoga
    June 17, 2008

    Waduh Naz, ini cuma pake MASKER BENGKOANG kok.. bener bukan TOPENG, gampang ngapusnya. Jangan sedih…😀


    aaahhhh pengen putih yaaaa hehehe

  55. Catra
    June 17, 2008

    topeng hmmm…

    sepertinya ada sisi posotifya juga… seperti bunglon yang jago beradaptasi


    memang butuh kok😀

  56. lei
    June 17, 2008

    sedang berusaha membuangnya satu per satu.. tanpa topeng kynya lebih bebas hehehe..


    ah… tapi bebas kadang bukan jawaban buuu… gimana yaaaa heheu

  57. Arif Giyanto
    June 17, 2008

    Purgatory Cileduk ato Slipknot justru ngga bisa hidup tanpa topeng. Inget film Jim Carey yang the Mask? Apalagi lagunya Nugie yang Tertipu ato Peterpan yang Buka Dulu Topengmu. Asal jangan topeng monyet. Hehe….


    heuheuheu kenapa ya ko ga ada yang mao Topeng Monyet?
    *monyet pulang dengan lesu…😦

  58. JoEy D`JuVe
    June 20, 2008

    Kelimpungan Nyari Topeng sebelum Komen di Mari…

  59. warm
    February 10, 2011

    layout blognya kok jadi kacau gini, nyonya ?
    apa emang begini adanya ?

    dan soal persona baru tau saya, dan jarang juga sih pake topeng, ngerasa ga ada guna juga hehe

  60. warm
    February 10, 2011

    yaelah baru nyadar sampe komen dua kali disini, sekalian deh dijadikan tiga huehue
    smoga sukses terus ya nyonya ^^

  61. meiska
    February 10, 2011

    pake topeng kebahagiaan… :p

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on June 15, 2008 by in Feels and Thoughts, PsikoThing and tagged , , .

i Wrote About:

RSS To Train My Rusty English

  • REVENGE
    It just that since I subscribed to a pay TV, and now resigning from my latest radio job, and pretty much working from home, I watch TV for about 4-6 hours a day. I cut it down from 6-8 hours a day, that's when I decided that Im going to Dubai next year with my business :DBut there's a huge different from Indonesian local TV and cables, indeed! I do […]
  • The Trilogy Time
    Aloha!Oh my, its been forever since I wrote in this blog :p I was gonna let this one abandoned anyway :lol: But then again, in order to smoothered my rusty English, gonna start practicing it here again :DSo, how have you been? Me? Well.. Kinda busy with this business I've been joining for almost 3 years now. Quit the announcing job for some reason. And […]

My First Baby

Follow Me? ;)

%d bloggers like this: