If its Not So Important To U, Well It Is For Me

some things are better left written

Nasionalis itu…

Kemarin sore ada yang sms ke radio waktu saya sedang siaran… dia bilang

“Mustika ko lagu indonesianya sedikit sih! Masa lagunya barat melulu! Diperhatiin dong!”


Terulang lagi waktu malam…

“Mau kasih saran nih ya… kalo bisa lagu indonesianya diperbanyak dong… ko terkesan ga nasionalisme sekali gitu kayanya…”


Baiklah. Pertama. Acara yang saya bawa sudah ada format acaranya dan memang tidak sesuai dengan lagu Indonesia yang sekarang banyak beredar. Paling tidak saya sering memutarkan lagu Indie. Ada juga beberapa penyanyi dan band yang sering saya putar sekalipun tidak banyak. MDnya juga menitah demikian!

Dan kalau dibilang tidak nasionalis karena tidak memutarkan lagu Indonesia, then just be it! Kalau memang cuma sebegitu saja dangkalnya makna nasionalis.

Pegang janji saya. Kalau nanti lagu Indonesia sudah jadi catchy di telinga saya, dengan lirik yang tidak membuat saya merasa diundang buat bunuh diri dan sama sekali tidak self-motivating, kalau nanti jumlah lagu bagusnya lebih banyak dari sekarang, kalau soundtrack dari film musikalnya bisa bagus selayaknya Glen Hansard dan nona Marketa Irglova atau paling tidak RENT saja yang sedemikian kurang jelasnya, maka saya pasti! ya Saya Pasti akan memutarkannya dan mengusulkan pada bapak Eka Nugraha!

Tapi buat sekarang, saya tidak peduli. Memang formatnya demikian. Terserah mau bilang apa. Saya cuma mau bilang “Ya nanti dulu…” dan menerima label tidak nasionalis dengan tidak merasa sakit hati.

Ah… lagipula dia sih dengerinnya jam saya… denger yang memang pas memang jam nya lagu Indonesia kenapa!!! :p

59 comments on “Nasionalis itu…

  1. datums
    May 27, 2008

    “dengan lirik yang tidak membuat saya merasa diundang buat bunuh diri”

    hahahahah…. segitu desperatenya kah lagu2 indonesia skrng? bukannya kebanyakan soal cinta cinta en cinta? dah para musisinya pun ngeles dengan berkata “kan cinta banyak bentuknya…” halaaaaaaaaaaaaah😀 heheheheheh

    btw, selera musiknya kayaknya tinggi nih… mungkin bisa di sarankan dengerin dangdut? soul-nya dapat banget tuh…. :p hehehehehe

    hauhauhauhau au ah :p

  2. edy
    May 27, 2008

    kekekekek… emang susah nyenengin semua orang sekaligus😆

    anda benar! ^_^

  3. fisha17
    May 27, 2008

    yah resiko penyiar bo’….:mrgreen:

    menyebalkan u know :p

  4. dana
    May 27, 2008

    Saya juga bilang apa?😎


    bilang apaan emang?

  5. galih
    May 27, 2008

    itu salah satu penggemar juga kok😉

    wandatauyah

  6. bayuhebat
    May 27, 2008

    apa hubungannya nasionalis dengan lagu barat.

    *secara gudang lagu gua lagu baratnya 3kali besarnya dari lagu indo

    saya mah 10 kali kali :p

  7. chic
    May 27, 2008

    resiko-nya.. hehehehehe
    jelasin online aja tuh format acaranya, jadi biar ga ada yang protes-protes lagi…

    jadi pengen denger dirimu siaran..:mrgreen:

    harusnya mah udah pada tau tuh da ada websitenya

    yang ngomong2 bisa dibuka buat streaming bu hahahah *promosi terselubung tapi jelas :p*
    http://www.mustikafm.com😉

  8. tukangobatbersahaja
    May 27, 2008

    Mesti cek selera pasar nih. pendengarnya ga nasionalis atau pendengarnya udah tau kualitas musik yang bagus🙂


    nah yang ini yang salah tangkep kayanya… justru pendengarnya yang sok nasionalis :p

  9. cinker
    May 27, 2008

    muter lagu ind juga blon tentu nasionalis…….! “blang gini ajah”
    klo ngak suka matiin ajah radionya klo perlu di banting, ijak2, buang k sungai

    heeheeeheeeheeee🙂

    hauhuahauha oh oh oh tidak kayanya blom boleh begini :p

  10. Wempi
    May 27, 2008

    kalo banyak yang kritik / masukan, berarti programnya banyak yang denger…


    AMIEN😀

  11. Alex
    May 27, 2008

    ass.

    jiwa kebangsaan itu bisa dilihat dari sikap seseorang……nggak bisa dinilai dlm satu sisi.

    anda benar!

  12. insansains
    May 27, 2008

    ^_^ Huh… what ever lah tentang musik yang jelas, Nasyid-Classic-Instrument adalah jenis musik yang saya suka. Dan yang pasti hari ini saya senang sekali sebab score kita sekarang 1 : 1. hehehe… ^_^ Besok mau lomba dalam hal apa nih?


    huahuahauhuah kita liat yah om lomba apalagi :p

  13. Balisugar
    May 27, 2008

    Ah ikutan aja ma yang lain.


    bole…bole…

  14. HZ_MUBARAK MAP
    May 27, 2008

    nasionalis adalah perkara kecil bagi tuap warga negara .semua itu bisa di bangun apabila diri pribadi menyokong penuh untuk hal itu.


    sip…sip…

  15. wiek
    May 27, 2008

    iyaah…lagu Indonesianya manaaaa…..(sambil narik² Mbak natazya)
    Hihi…itulah repotnya ngurusin orang banyak yah Mbak, ada ajah maunya


    hauhauhaua jangan ditarik nanti robek *lho?*

  16. carra
    May 27, 2008

    holoh neng nata uring2an…😆 … sabar atuh neng… namanya juga usulan… kalo ga cocok n bukan usulan yg pas ya ditampung doang… hehehe… emg suka gtu sih para fans radio… dulu pas masi suka dengerin radio juga suka rada nginyem kalo denger ada saran2 online yg rada maksa gitu…😀 sabar ya neng…


    siap bu… aku lumayan sabar ko hehe

  17. gempur
    May 27, 2008

    sabar non! jadi penyiar jangan gampang maaraaahh.. tapi emang bener kok.. lagu indonesia mbosenin… cinta2an mulu… kagak ada nasionalisnya.. hekekekekekeke


    ah biar da mayah mayahnya di blog :p

  18. nenyok
    May 27, 2008

    salam
    naif, hari gini ngomong nasionalis, duh kayaknya hampir nonsens bukan2 apa2 secara skg inil batas negara aja cuma hanya jadi catatan palagi dunia maya, ga ada buanget, or di dunia olahraga aja, buktinya rexy mainaky malah jadi pelatih malysia alasannya pasti alasan profesional kan, ga ada hubungannya ama nasionalisme, soal lagu/song akh suka2 aja di telinga secara lagu indo kebanyakan cuma enak didenger skali or dua kali sananya bosenin, sumpah deh He..he.. *nyambung ga sie*
    sok tahu mode:ON😀


    hauhauhauah ampe ke rexy mainaki :p
    nyambung bu nyambung aja lah hehe

  19. masmoemet
    May 27, 2008

    aku suka denger musik … ga suka denger lagu …


    aku suka dua duanya

  20. dana
    May 27, 2008

    Saya bilang ini nih http://ceritadana.wordpress.com/2008/05/21/kebangkitan-nasional-dan-nasionalisme/ .


    yeap yeap akyuh sudah baca😀

  21. IndahJuli
    May 27, 2008

    ngak bisa dengarin mustika, padahal aku tinggal di Bekasi lho😦

    Memangnya nasionalisme diukur dari seringnya kita dengarin lagu indonesia😀


    eh da aku di bandung bu hehe
    ya kalo dari situ ukurannya maka aku tidak nasionalis :p

  22. emfajar
    May 27, 2008

    emank dah lagu indonesia banyak yg ga kreatif,, kebanyakan genre metal (mellow total):mrgreen: lagian klo rasa nasionalis itu apa hubungannya ama suka denger lagu barat…

    yang pasti sabar aja deh,, kayaknya ini dah resiko jd penyiar y😀


    heuhueheuhe iyah iyah… bukan resiko juga sih.. cuma lagi sebal saja hehe

  23. aminhers
    May 27, 2008

    let’s sing…………..jaaangan bicara soal nasionalisme… maaari bicara tentang kita yang lupa warna bendera sendiri atau……..#&#

    Nata are You ok❓


    merah putih *ga lupa*
    im fine om tengkyu😉

  24. ubadbmarko
    May 27, 2008

    kalo udah gitu, putar gela-gelas kaca betharia soneta, atau semut-semut kecil dari obei mesakh, kheeek…keheekkk.


    huahuahuahuahua

    pindah radiooooo

  25. Tigis
    May 27, 2008

    Wah agak2x salah kaprah nih. Namanya lagu, film, makanan, atau umumnya kesenian, itu masalah taste. Masalah selera. Ga mungkin dipaksa-paksa kudu ngikutin. Kalau skedar semangat jangan membajak lagu Indonesia, atau berbagai hal yang merugikan produsen yg menjual produk dari Indonesia, mgkin msh bisa diterima. Sama kayak tekad gue untuk tidak membeli makanan2x yg diimport langsung dr luar. Itu msh logis. Tp kalo diperintahkan menyukai yang tidak kita sukai dgn alasan nasionalisme kyknya malah cenderung ke arah chauvinism.

    Btw, gue ngga suka denger orang ngomong INDON. Itu adalah sebutan bangsa malingsia utk merendahkan kita di negaranya. Kenapa ga bilang INDO ajah kalo dirasa kepanjangan nyebut INDONESIA. Harusnya ini msh bentuk nasionalisme yang wajar🙂


    iyah iyah om.. wajar ko😀
    emanggggggg
    bukan salah saya kalo saya ga selera sama lagu indonesia :p

  26. JoEy D`JuVe
    May 27, 2008

    *nuansanya panas yaakk*

    *tatut aahhh*


    ah adem adem aja ah :p

  27. devishanty
    May 27, 2008

    eh penyiarnya mustika ya, heuheu.. aku pernah diinterview disitu..
    eh emang format acarnya apaan, campur gitu ato full lagu luar? di radio itu kan harusnya udah ada jam2nya dong pendengar yg harus ngerti kalo pgn lagu indonesia semua dengerin aja i-radio (wehehhe nyuruh pendenger pindah radio..)


    nah itu diaaaa pindah radio ajah kalo mao padahal yaaaah :p
    yap yap karna dia komennya di acara gw ya emang dikasih porsinya sjam cuma 1 lagu indonesianya dan itupun yang soundnya nyambung… huhuhu

  28. jeunglala
    May 27, 2008

    how shallow, ya, Nat…… nasionalisme diliat dari seberapa banyak koleksi mp3 lagu Indo kita??? Oh MY…..
    Saya sampai geleng-geleng baca post ini. Ada tho yang mikir begitu?
    *masih shock, blum bisa komentar*:mrgreen:


    hahauhauhauha

    take a deep breath… hold… release…. hihihi

  29. mriza
    May 27, 2008

    Haha… iya nih…
    Lagu jaman sekarang emang gitu-gitu aja…
    Mending lagu jaman dulu kayak lagunya Rhoma Irama dengan judul “Don’t wake at night..” atau akrab dengan “begadang jangan begadang” .. hehe..😛


    heuheuheuheu dont sleep away this nite my bebih?
    oh…laen lagu :p

  30. suprie
    May 27, 2008

    it’s hard to pleased every body…


    yeap… please ur self please hauhuahauhuha

  31. CY
    May 27, 2008

    Mungkin maunya diputerin dangdut tuh hehehe… biar bisa dengerinnya sambil tiduran bercecer airmata wekekeke…

    Kalo saya paling pantang dengerin lagu patah hati, putus cinta dan kawan2nya. Biarpun Bon Jovi yg nyanyi kalo udah menye2 berarti ga masuk koleksi tuh. Yg paling bikin semangat tuh “Everyday” nya Bon Jovi. Serasa reborn mendengar tuh lagu, kalo lagu Indo ada ga ya yg spt itu?? **berharap jawaban “ada” ** 😀


    jangan tanya saya… kalo soal lagu kan saya ga nasionalis konon kabarnya huahauhuah

  32. achoey sang khilaf
    May 27, 2008

    wah ternyata penyiar toh

    jadi inget masa muda
    *ualah kayak dah tua aja*😀


    hueheuheuh ada apa di masa muda mas?

  33. chatoer
    May 27, 2008

    untung cetingan gw yang protes kenapa lagu indonesianya sedikiyt semalem gak diposting disini, hehehe. tp gw gak ngungkit2 masalah nasionalisme lho

    *selamet selamet


    hauhauahuh kawan kawaaaaan catur ini nih salah satu yang bilaaaaang :p

  34. Jiban
    May 27, 2008

    mosok nasionalis cuman sebatas lagu?

    hehehehe saya juga sekarang lagi nggak sreg ama lagu-lagu indonesia yang baru-baru beredar….😀


    TOSSS

  35. Sawali Tuhusetya
    May 27, 2008

    siaran radio *halah sok tahu* memang biasanya sudah diformat oleh para pengelolanya dalam merebut hati segmennya. kenapa ndak dijawab ajah kalau lagu2 indonesianya ada di acara yang lain, mbak. sebarat-baratnya radio, masih ada juga acara untuk menyuguhkan lagu2 nasional, kok. *ndak nyambung yak?*


    emang ada makanya dibawahnya dibilang demikian…😀

  36. tc
    May 27, 2008

    mbak..mo kirim2 salam dong… buat andi gemini salam manis selalu…

    hauhuahuaha…😀

    *norak


    huahuahauauhau ga pake acara salam salam an :p

  37. Dino
    May 27, 2008

    yg minta diputerin lagu indonesia itu lagunya lagu apa neng???? jangan² yg dimaksud sama si dia itu lagu daerah atau lagu nasional makanya kmu dibilang gak nasionalis heuheuheuheuheuhe


    ga bilang sih dia… yang jelas indonesia ajah :p

  38. galih
    May 27, 2008

    susah kalo ngomentarin nasionalisme, gimana kalo kita bikin partai ajha biar dianggep punya nasionalisme?


    maap… i hate politics :p

  39. iBLO
    May 27, 2008

    bener bangt mbak, sbg penggemar acara2 mustika fm harusnya kita membela tanah air dg. menunjukan contoh2 musik barat yg berkualitas agar pendengar di indonesia termotivasi membuat musik yg berkelas. hehew teu nyambungnya.

    mba fotonya nampang di websitenya mustika fm tuh. dah tau belon… huehehehe salam kenal y mba dari penggemar setia mba di daerah margahayu.

    btw anywy bswy, halaman segmentasi pendengar di mustika website ad d sblah mana y? :-T


    huahuahua nda tau sebelah mana coba dicari saja… apa nda ada yah? tar dipesenin deh suruh ada😀

  40. Rafki RS
    May 27, 2008

    Kalau orang yang ngirim sms ditanya tentang nasionalisme itu, saya yakin dia nggak akan bisa menjawab dengan benar. Memang, pemahaman yang dangkal menyebabkan kita suka menyalahkan orang lain. Pendapatnya pasti akan berbeda kalau sudah paham sepenuhnya apa itu nasionalisme. Saran saya, maju terus dengan keyakinannya.


    maju terus pantang mundur!

  41. Andre
    May 27, 2008

    Loh? Mbak Nata penyiar radio ya? baru tahu…hehehe..keren juga loh Mbak Nata..:) , eh bukan penyiar radio surabaya ya?


    bukan di bandung

  42. langitjiwa
    May 27, 2008

    kalau begitu aku mau sms kamu,tolong putarkan lagunya Coklat yah. hehe…


    huheueueh da bukan acara rikues om😀

  43. scarafce
    May 28, 2008

    jadi ingeet iklannya dedi mizwar😀


    euheuheuheuhe masa sih? :p

  44. ven
    May 28, 2008

    hayaaaa apa hubungannya lagu fave ama nasionalisme……


    nah itu dia aku ndatau hehe

  45. theloebizz
    May 28, 2008

    ahahahahaha….neng nata lg sewot gara2 kritikan yaaah???sing sabar yah nduk…biasalah klo ada pro kontra nyah hehehe…😉 btw, salurannya no. brp yah??😉


    107.5😀

  46. Yari NK
    May 28, 2008

    Mungkin orang tersebut nggak suka lagu2 barat dan takut dibilang “kuno” atau “kampungan” atau “ketinggalan zaman” atau yang lainnya maka dia mencari alasan “nasionalisme” sebagai tamengnya, padahal tentu saja orang tersebut lebih nasionalis daripada orang yang lebih suka lagu2 barat.

    Apapun, seseorang bebas berpendapat, jikalau orang tersebut mengatakan orang2 yang lebih suka lagu barat adalah nggak nasionalis, ya itu hak mereka. Yang jelas, menurut saya, nasionalisme yang baik adalah nasionalisme yang memang datang dari dalam hati sendiri bukan nasionalisme yang dipaksakan atau nasionalisme yang pura2……..

  47. Yari NK
    May 28, 2008

    wah salah ketik sedikit:

    tertulis:

    “…padahal tentu saja orang tersebut lebih nasionalis daripada orang yang lebih suka lagu2 barat.”

    seharusnya:

    “…padahal tentu saja orang tersebut belum tentu lebih nasionalis daripada orang yang lebih suka lagu2 barat.


    saya setuju!

  48. Amoy
    May 28, 2008

    “dududu, lagu cinta melulu. kita memang benar-benar melayu, suka mendayu-dayu. apa memang karena kuping melayu, suka yang sendu-sendu?”

    puter lagu indonesa yang itu aja, toa😀


    hauhauhau ini mah bagian toto miiiing😀

  49. gakpede
    May 28, 2008

    padahal kalo diputerin kroncong yang bener2 ‘endonesa’ bisa jadi malah maki2!
    begitu juga kalo diputerin musiknya balawan tanpa pengantar kata.
    jadi
    yang dimaksud nasionalis itu apa ? bingung ya ?

    heuheuhue balawan sih masih lumayan…aku suka😀

  50. nairasmile
    May 28, 2008

    nasionalis = lagu indonesia…
    kl gitu puterin aja sekalian lagu2 perjuangan wkwkwkwk…..
    mba’ siaran dmn?!


    hauhauhuaha ah… pindah radio saja :p
    di radio mustika ^_^

  51. rhainy
    May 28, 2008

    taz…suruh yang protes nyetel cd aja…jadi dia bisa milih lagunya kan…drpd ngabisin pulsa untuk protes…!! hehehe…..


    heuhueheu nda punya cd kali :p

  52. neng fey
    May 28, 2008

    efek rumah kaca, ato ga sore, ato ga mocca, hehehe.. indie semua tuh kayana, tapi kan sairnya ga bikin bunuh diri, coba dengerin deh
    emangnya siaran dimana sih mbak?


    kan udah dibilang… kalo yang itu akupun suka dan putar tentunya😀
    di radio mustika

  53. Catra
    May 28, 2008

    nasionalis itu??

    hmmm sesuatu yang tabu untuk dibicarakan

    http://catra.wordpress.com/2008/05/19/tanda-tanda-kebangkitan-nasional/

  54. ghaniarasyid™
    May 28, 2008

    sebenernya…
    nggak suka lagu Indonesia bukan berarti gak nasionalis.

    Tapi karena merasa lagu2 Indonesia tuh payah.
    Kayak aku.
    Sampe sekarang aku cuma 25% suka lagu Indonesia.
    Bandnya pun tertentu… Cuma Nidji sama RAN:mrgreen:

  55. Adieska
    May 28, 2008

    Nasionalis??? Emang dah luntur kan makna nasionalisme di bangsa ini. Kalo kamu ditawarin jadi WNA mau nggak non??? Kalo aku sendiri ditawarin jadi bangsa lain ya mau… Huahahaha… Nggak nasionalis banget ya… Emang🙂

  56. Ikkyu_san
    May 28, 2008

    masih mending cuman dibilang lagu indonesia…
    jadi masih bisa pasang apa aja kan.

    aku pernah diminta suruh pasang lagu Bengawan Solo
    mentang-mentang yg rekues org Jepun (Jepun kan cinta banget sama Bengawan Solo)
    Tapi kalo kita di luar negeri, dengerin lagu apa aja asal bahasa Indonesia
    rasanya gimanaaaa gitu.
    So yang tadinya ngga suka dangdut, ….berhubung byk rekues jadi suka deh.
    Dangdut yang terpopuler waktu itu “Angka Satu”, cocok banget buat orang perantauan.

    Susah emang kalo mau ikutin keinginan semua pendengar. Kadang kalo aku ngga suka lagunya aku puter satu bait aja, sampe reff, mulai bait keduanya aku timpa pake berita hihihi.Yang penting kan udah diputerin hihihi

  57. ahsinmuslim
    June 3, 2008

    sabar-sabar. komentar yang demikian memang selalu ada. ambil positifnya.
    jadikan komentar(yang pedas-red) dari pendengar sebagai jalan untuk menjadi orang yang lebih kuat dan tahan banting. agar nanti kalau mendapat kan komentar yang lebih pedas tidak kepedasan dech, he..he…

    bukan maksud untuk menggurui dan sok tahu lho mbak.

    terima kasih atas kunjungannya

  58. Pingback: Penyiar Narsis in Action !!! « If its Not So Important To U, Well It Is For Me

  59. Pingback: Film Barat. Hollywood. Pajak. Nasionalisme. Bullshit. « If its Not So Important To U, Well It Is For Me

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on May 27, 2008 by in curcol misah misuh, mustikas and tagged , , , .

i Wrote About:

RSS To Train My Rusty English

  • REVENGE
    It just that since I subscribed to a pay TV, and now resigning from my latest radio job, and pretty much working from home, I watch TV for about 4-6 hours a day. I cut it down from 6-8 hours a day, that's when I decided that Im going to Dubai next year with my business :DBut there's a huge different from Indonesian local TV and cables, indeed! I do […]
  • The Trilogy Time
    Aloha!Oh my, its been forever since I wrote in this blog :p I was gonna let this one abandoned anyway :lol: But then again, in order to smoothered my rusty English, gonna start practicing it here again :DSo, how have you been? Me? Well.. Kinda busy with this business I've been joining for almost 3 years now. Quit the announcing job for some reason. And […]

My First Baby

Follow Me? ;)

%d bloggers like this: