If its Not So Important To U, Well It Is For Me

some things are better left written

HARI TANPA TEMBAKAU SEDUNIA

Hari ini 31 Mei merupakan HARI TANPA TEMBAKAU SEDUNIA.

Mengingat kembali talkshow yang kemarin dilakukan dengan Dr. Hedi B. Sampurno, Kepala Balai Besar Kesehatan Paru Masyarakat (BBKPM) di satu hari menjelang HARI TANPA TEMBAKAU ini di Radio Mustika FM, rasanya pantas kalau saya bagi sedikit pengetahuan mengerikan yang masih menempel di kepala tentang benda laknat bernama rokok (bagi kami, paling tidak)

Memang, dengan sangat sedih Indonesia rupanya belum termasuk satu dari negara yang menyetujui Hari Tanpa Tembakau ini secara resmi. Tapi apa salahnya mencoba ikut ambil bagian dalam usaha dunia menyelamatkan banyak nyawa? Kenapa bicara hingga ke nyawa? Ya karena tembakau adalah pembunuh nomor 1 di dunia bahkan sebelum HIV/AIDS.

Tema HARI TANPA TEMBAKAU SEDUNIA tahun ini adalah TOBACCO FREE YOUTH. Kenapa akhirnya harus demikian? Memang hanya anak muda yang mengkonsumsi atau menjadi perokok? Bukannya di usia tua justru lebih banyak lagi adanya? Ya memang! Tapi kenyataannya sekarang berdasarkan hasil perhitungan statistik, di Indonesia sendiri mengalami peningkatan usia mulai merokok menjadi di kisaran usia 9-11 tahun yang masih duduk di bangku SD! 3 tahun lalu waktu terjadi peningkatan konsumen rokok di tingkat mahasiswa saja dunia sudah cukup panik, sekarang malah hingga ke usia yang jauh lebih muda!

Sebetulnya kenapa sih musti repot sekali memikirkan dan mengusik kedamaian para perokok? Toh merokok beli sendiri, kalau sakit yang cepat mati diri sendiri, trus kenapa musti usil? Kenapa?

KARENA BANYAK ORANG YANG TIDAK SADAR DIRINYA TERANIAYA DENGAN JADI PEROKOK PASIF YANG MENDAPATKAN BAHAYA SAMA ATAU BAHKAN LEBIH BESARNYA DARI PARA PEROKOK AKTIF ITU!

Seorang anak yang hidup dalam lingkungan keluarga perokok, punya ayah dan ibu perokok, anggota keluarga lain perokok, bisa dikatakan telah merokok dalam usia sangat muda. Bahkan mungkin sejak bayi atau sejak di dalam kandungan. Tidak sedikit kasus lahir bayi cacat karena ibu merokok ataupun tinggal dalam rumah yang dipenuhi asap rokok. Dan karena teori modelling masih berlaku dalam perkembangan, seorang anak yang terbiasa melihat significant person nya merokok, besar kemungkinannya akan berakhir sebagai perokok juga. Dalam beberapa kasus, seorang anak mulai merokok karena melihat ayah atau ibunya merokok, dan mendapat reinforcement positif dari peer group untuk ikut merokok. Masa muda yang sudah dijatuhkan dalam jelaga bernama nikotin.

Dalam satu buah rokok, terkandung di dalamnya bahan pembuat bensin, bahan pemutih pakaian, bahan pembuat aspal, dan masih banyak lagi racun yang saya lupa apa saja. Silakan baca di sini saja. Dan untuk menetralisir kandungan racun yang ada dalam tubuh kita akibat SATU batang rokok membutuhkan waktu ENAM BULAN! Bagaimana kalau SATU BUNGKUS sehari? Hitung sendiri.

Seorang yang sudah terpapar asap rokok, paru parunya akan berubah warna dari merah menjadi hitam. Dan berbeda dengan yang disebabkan oleh infeksi seperti TB, paru paru yang rusak karena rokok TIDAK AKAN PERNAH bisa dikembalikan pada keadaan semula. Orang yang merokok banyak juga yang berumur panjang? YA MEMANG. Tapi dalam keadaan penuh dengan penyakit yang membuat menderita setiap saat, buat apa?

Karena rokok merupakan sumber devisa negara paling besar dan akan menyebabkan pengangguran dalam jumlah besar bila menutup pabrik rokok. Kata siapa? Pendapatan dari pajak rokok dalam setahun memang menyumbang

sampai 14 milyar pada kas negara, tapi berapa biaya yang harus dihabiskan untuk membiayai perawatan rakyat miskin yang tidak mampu membiayai

pengobatannya karena penyakit yang disebabkan oleh rokok? (karena 80 persen dari perokok yang ada merupakan masyarakat menengah kebawah dan banyak diantaranya yang hanya hidup dengan penghasilan Rp 20.000,- perhari). Berapa banyak biaya yang harus dikeluarkan untuk mensubsidi obat obatan yang harus ada untuk mengobati sejuta penyakit yang disebabkan oleh rokok? Masalah pengangguran, memang anda kira berapa banyak tenaga kerja seluruh pabrik rokok itu? Hanya 11% saja! Satu jumlah yang tidak bisa dibilang menguasai negara. Buatlah pabrik lain yang lebih masuk akal, seperti pabrik tampons mungkin! Dan kembangkanlah sektor wirausaha, untuk memandirikan bangsa. Akan ada banyak hal yang bisa dilakukan bila alasannya hanya berhenti disitu.

Rokok menenangkan pikiran dan menimbulkan semangat bekerja dan melancarkan ide. Bagaimana tidak, rokok mengandung zat adiktif yang efeknya menenangkan. Tapi efek sampingan lainnya yang musti diperhatikan selain menenangkan yang sifatnya hanya sementara itu. Dan saat memasukkan nikotin ke dalam tubuh, darah akan terpompa lebih cepat, hal ini yang menyebabkan suplai darah ke otak menjadi nampak seakan lancar dan lebih mudah dalam berpikir. Tapi kemudian jantung berdebar kencang. Merusak fungsinya dan nantinya kan menyumbat sirkulasi darah.

Terbayang seorang polisi yang padahal ikut seminar tentang sirkulasi darah dan mengaku bahwa dalam sehari bisa menghabiskan 4 bungkus rokok. Sekitar Rp 30.000,- dalam sehari hanya untuk bunuh diri perlahan tapi pasti? Wah. Hebat sekali!

Tidak sedikit yang mengaku tidak ada gunanya merokok dan tidak merasakan enaknya dari merokok namun tidak bisa menghentikan keinginan untuk merokok. Dengan demikian tercetus pertanyaan “bagaimana dengan yang sebetulnya punya keinginan untuk berhenti merokok tapi tidak pernah bisa melakukannya?”. NUED. Niat, Usaha, Evaluasi dan DOA. Ini datangnya dari Dr. Hedi. Jangan pernah melakukan tahapan tahapan dalam berhenti merokok, seperti tahap berhenti membeli tapi tetap meminta. LAKUKAN LANGSUNG! Dengan niat yang bulat, berusahalah, lakukan evaluasi bila masih gagal, dan perbanyak berdoa. Bila membutuhkan bantuan ahli untuk bisa berhenti, maka staff di Balai Besar Kesehatan Paru Masyarakat (BBKPM) siap untuk membantu. Untuk di Bandung BBKPM beralamat di Jln Cibadak no 214 Astana Anyar – Bandung. Datanglah terutama hari Kamis, karena hari lain dibagi untuk penyembuhan dengan sebab lain seperti TB dan HIV/AIDS.

Bagaimanapun semuanya kembali kepada pilihan. Banyak yang sudah punya pengetahuan hingga muak tentang bahayanya merokok tapi tetap memutuskan untuk merokok, itu adalah hak. Namun diingat juga, hak setiap orang yang tidak merokok untuk mendapatkan udara bersih dan tidak menjadi perokok baik aktif maupun pasif. Jadi jangan pernah lupa untuk merokok pada tempatnya, bukan seenaknya saja, dan sebisa mungkin jangan biarkan orang yang anda kasihi ikut terkena racun bersama anda hanya karena keegoisan semata.

Paling tidak buat hari ini saja. 31 Mei ini. BEBASKAN DUNIA DARI TEMBAKAU, PLEASE!

*Tulisan ini ditujukan untuk ayah saya dan lelaki kecil saya. Dua lelaki yang sangat saya cinta di dunia dan masih juga belum bisa berhenti merokok, tapi yang satu sudah bilang akan berhenti. Saya akan selalu ingatkan janjinya mulai sekarang.

 

 


54 comments on “HARI TANPA TEMBAKAU SEDUNIA

  1. Yoga
    May 31, 2008

    Tolong Naz!
    Aku belum bisa berhenti “merokok” di tempat umum…
    Waks padahal udah di larang ya… :(

    *Nasib perokok pasif*

    betul… nasip yang menyebalkan!

  2. dafhy
    May 31, 2008

    hemm….semoga negeri ini bebas dari rokok.tapi para pengusaha rokok pinter juga mengampanyekan rokoknya, baik lewat sponsor konser musik dll.yang kebanyakan yang lihat tuch anak muda.

    iya makanya… adu pinter yu! :D

  3. langitjiwa
    May 31, 2008

    hehehe..jadi malu euy,ini jari lagi megang rokok pas buka blog kamu ini.

    ayo matikan! Matikan! ;)

  4. KiMi
    May 31, 2008

    Kalau sudah candu memang sangat susah untuk berhenti. Kakakku itu dibilangin berkali2 tetep aja batu. Sebal!

    hehehe
    jangan bosen bawel aja ^_^

  5. gajahkurus
    May 31, 2008

    Tulisan di atas tujukan juga buat saya mba. Maaf hingga hari ini belum bisa berhenti total. Saya sedang berusaha mengurangi…mengurangi…mengurangi sampai benar-benar berhenti. Mohon do’anya


    amien amien amien…

  6. yellashakti
    May 31, 2008

    kalo cuman sehari ngaruh gak ya?
    SEMOGA

    yeap.. SEMOGA

  7. FaNZ
    May 31, 2008

    alhamdulillah saya g ngrokok lagi
    daripada ngerokok mending nge blog deh :D


    nah… anak pintar… begitu yang benar… :D

  8. fisha17
    May 31, 2008

    ada apa dengan hari ini??


    hari ini HARI TANPA TEMBAKAU SEDUNIA :D

  9. mriza
    May 31, 2008

    Untung saya ndak merokok…
    Tapi kalo ada yang sodorkan rokok, apa boleh buat.. saya terima aja.. :D


    yaaaaah…. cape deh…

  10. steelheart
    May 31, 2008

    Thx ya dah nyasar di blog gw (yang dah jarang gw update)…salam kenal

    O iya, sekarang tanggal 31 mei ya, gw lupa.

    makanya diingatkan :D

  11. aminhers
    May 31, 2008

    merokok merusak kesehatan but mempertajam pikiran


    bukan… karena aliran darah dipompa semena mena…
    seakan akan lancar… aliran darah sih nantinya mampet lhooo

  12. kucingpemalu
    May 31, 2008

    it cannot be helped… people jumped to anything that is popular in their view.
    so, teenagers smoke because they thought it’s cool, adults smoke because they thought it’s natural among themselves.
    to reduce smoking habits, the idea is to spread the view that smoking is an indecent behaviour.


    and how is that?

  13. puang
    May 31, 2008

    salam kenal dari bandung
    saya paling benci sama orang yang suka merokok because pasti orang stress dan orang yang suka merokok itu termasuk kasta terendah di negeri, menurut penelitian


    bukan orang yang suka merokok… kebanyakan perokok itu… *lanjutannya sama*

  14. Abeeayang™
    May 31, 2008

    saya gak ngrokok kok….. :P

    good for u!

  15. GiE
    May 31, 2008

    Matikan rokok sebelum rokok mematikan anda.

  16. Tigis
    May 31, 2008

    Perusahaan rokok itu termasuk penyumbang pajak terbesar buat negara kita. Dilematis memang. Mestinya anti rokok ga hanya satu hari aja kan. Tp terbentur pd mslh penghasilan negara. Kalo rokok dilarang bakal entah brapa puluh ribu org kehilangan pekerjaan.

    Anyway, gue netral aja deh hehe

  17. diorockout
    May 31, 2008

    bakar kok bakar uang..

  18. ichanx
    May 31, 2008

    mm…. gimana ya…. kebutuhan euy…. at least ampe saat ini gw belum mampu ngelepasin kebutuhan dari rokok. btw,
    di blog lama gw, gw pernah nulis tentang rokok. gw langsung disumpahin banyak orang… toloooong…..

  19. wonggendeng
    May 31, 2008

    saya ngerokok kalau lagi stress… :mrgreen:

  20. galihyonk
    May 31, 2008

    Kasian penjual rokok…

    hari ini ndak laku….

    heHEhe…

  21. coretanpinggir
    May 31, 2008

    Dan hari ini kita posting hal yg sama :)

    ———————————————————————–
    Possibly related posts: (automatically generated)
    -Hari Tanpa Merokok! Atas Nama Kenikmatan?
    -HARI TANPA TEMBAKAU SEDUNIA
    -Hari Anti Tembakau Se-Dunia 31 Mei
    ———————————————————————–
    Visit coretanpinggir:http://coretanpinggir.wordpress.com/2008/05/31/hari-anti-tembakau-sedunia/#more-58

    Salam dari pinggiran

    Popop

  22. hakimtea
    May 31, 2008

    apa ya… serba salah koment masalah roko, soalnya saya peroko… kabooor… Btw, selamat hari roko eeeeh hari tanpa tembakau sedunia :-p

  23. ridu
    May 31, 2008

    wah kalo ridu sih sepanjang tahun bebas rokok.. hehehe.. bukan perokok gitu loh.. *bangga

  24. Malecious Genius
    May 31, 2008

    weiss… jujur saja saya ngga setuju…
    bukankah kita perokok itu termasuk pahlawan tanpa tanda jasa. kok bisa?
    soalnya kita para perokok kan memberi pekerjaan pada karyawan pabrik rokok. trus menambah penghasilan negara. trus rela mati pula buat negara karena kandungan racun pada rokok.
    itu kan sudah membuktikan bahwa perokok itu pahlawan tanpa tanda jasa… tul g? :mrgreen:

  25. Said Abdillah
    May 31, 2008

    masalahnya kapan, kira-kira masyarakat memandang rokok hukumnya gak makruh lagi?

  26. euh…iya ya? padahal hari ini sudah habis sebungkus :lol:

  27. chrisibiastika
    May 31, 2008

    wah baru sadar. hari tanpa tembakau. hebat2. saya benci asap rokok! bikin sesak nafas. ngeniwei, saya dulunya perokok tapi untung dah berhenti. ah saya senang di negara yang saya tinggali sekarang ini, orang bebas merokok di smoking zone tapi kalo dah masuk area di tempat2 yang ada tulisannya dilarang merokok bener2 gak ada orang yang merokok. hah. kapan negara kita masyarakatnya punya kesadaran kayak gitu ya.

  28. kotaksurat
    May 31, 2008

    buat para pecandu rokok ya, tlg dong jgn ngerokok di bus ato angkot, menzolimi org lain….

    pis….

  29. ekads
    June 1, 2008

    tolong selamatkan perokok pasif………….

  30. nenyok
    June 1, 2008

    salam
    Aku benci asap rokok :D

  31. ghaniarasyid™
    June 1, 2008

    alhamdulillah…
    udah berhenti merokok dua tahun silam :P
    waktu itu coba-coba selama 1 semester.
    ternyata ngerokok nggak enak :evil:

  32. Aristianto
    June 1, 2008

    2 bungkus rokok habis saya hisap pada hari tanpa tembakau sedunia :D

  33. rara
    June 1, 2008

    hidup dunia bebas asap rokok!
    saya link yah postingannya :)

  34. Pingback: » Hari Tanpa Tembakau Sedunia 2008 > Thoughts, Dreams, and Emotions…

  35. Zulmasri
    June 1, 2008

    Alhamdulillah, aku nggak ngepuli asap rokok, tapi kadang dikepuli. nggak terbiasa ngerokok sih. eh mbak nata ngerokok juga nggak?

  36. Raffaell
    June 1, 2008

    wah, dah mang gak ngeroko dari dulu, ehehe

  37. yusdi
    June 1, 2008

    wah maafkan saya,,,saya ga ngerti kl tgl 31 mei hari tanpa tembakau.
    abis temen saya kemaren wisuda trus makan2 deh….seperti biasa kl makan ditutup dengan sebatang rokok :mrgreen:

    maafkan kan daku yg tak tau diri ini….

  38. Yari NK
    June 1, 2008

    Hmmm…. sepertinya mendingan menghirup bau kentut dibandingkan asap rokok, sebau2nya kentut kan tidak membahayakan… betul ngga? Huehehe…. :mrgreen:

  39. toim
    June 1, 2008

    untungnya aq jg nggak ngerokok.Jd-nya gak ngerugiin diri sendiri jg org lain :)

  40. yakhanu
    June 1, 2008

    iya mbak ngeroko itu kita buang duit
    kalo saya mendingna buat beli mie ayam
    saya berhenti ngeroko bulang 6 thn 2004, hal itu karena pacar saya tidak mau saya bau roko…

    tips berhenti ngeroko:
    jangan beli,jangan mau di kasih, jangan minta, jangan coba2 lagi…
    begitu deh kira2..

  41. Edi Psw
    June 1, 2008

    Setuju! Untung aku bukan perokok. Walaupun di sekolah memang dilarang merokok, tapi memang aku nggak suka dengan rokok.

  42. poce
    June 1, 2008

    woww,, blognya hijau sekaliii … pas deh sama postingannya.. stop rokok, jadikan bumi kita bersih dan hijauu ,, hehehe ,, ada kampanyenya ndak??

    salam kenall..

    http://poce.wordpress.com

  43. detz
    June 1, 2008

    wahhhh mbak peduli sekali niehhh ma lingkungan *salut*
    mbak nie saya salam kenal…….

  44. edratna
    June 1, 2008

    Saya ingat ayah temanku, karena temanku meneruskan ke Perguruan Tinggi, yang biayanya cukup mahal (padahal beliau Kepala PU di kota petis), maka ayah temanku yang asalnya dari perokok berat rela mengurangi uang rokoknya untuk dikirim ke temanku, dan akhirnya bisa berhenti merokok sama sekali.

    Ini yang membuat temanku selalu muncul semangatnya, dikala sedang resah karena pelajaran yang sulit, dia ingat ayahnya yang telah berkorban agar putri tercintanya bisa menikmati bangku kuliah.

  45. ahsinmuslim
    June 2, 2008

    Alhamdulillah, saya bukan perokok aktif, meski ketika masih kecil pernah coba-coba. sedikit informasi, berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh para ilmuwan amerika, perokok pasif (alias yang sering kena asap rokok para perokok )ternyata lebih berbahaya dari para perokok itu sendiri, ajdi hati-hati ketika dekat dengan orang yang sedang merokok.

  46. Supir Bemo
    June 2, 2008

    Waduhhh…

    Sana anti rokok… sini anti rokok….

    Dimana ku harus berlari???

    Lah?? siapa yang nyuruh lari??? waakakakak…

  47. harfianto
    June 3, 2008

    aloo.. salam kenal mbak..
    dukung dunia tanpa asap rokok ….

  48. ayaelectro
    June 4, 2008

    kemaren kantor ibu saya bikin acara terapi buat perokok biar gak mau ngerokok lagi. dan katanya sih hanya di indonesia.


    hueee dimana tuuuh?? orang luar boleh ikutan ga???

  49. Tigis
    June 5, 2008

    Beberapa hari yg lalu gue dpt kiriman puisi dr salah seorg sahabat, judulnya Tuhan 9 Senti. Jadinya gue inget sama posting-an Nata yg ini.

    Mestinya uda pernah baca ya. Isinya lucu juga :)

  50. yodee
    June 6, 2008

    rada ngga pas ya hari bebas tembakau di malam minggu, saat dimana orang2 pada keluar, bersenang2 mengobrol yang memang lebih enak ditemani rokok hehehehehe. nice blog, lots comments, how did u do it? :)

  51. A. Setio Ibn Yatmin
    May 7, 2009

    aku setuju bangaet klo setiap hari tanpa rokok….

  52. yandi
    May 31, 2010

    kalo bisa tiap minggu mesti dibuat hari tanpa tembakau…

    You wish… I wish…

  53. lia
    May 22, 2011

    kalau kita sudah tahu dampak yang di akibatkan itu sangat besar, seharusnya para perokok itu sadar donkkkkk !!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

  54. deddy arianto
    July 20, 2011

    Salam Kenal untuk Mbak Verdiansyah… Aq tinggal di Bontang, prihatin melihat banyak baliho reklame rokok berdiri tegak tidak jauh dari SD, SMP dan SMU. Perlu ketegasan Pemerintah untuk memperhatikan kualitas masa depan generasi penerusnya..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on May 31, 2008 by in All About All, Feels and Thoughts, mustikas and tagged , .

i Wrote About:

RSS To Train My Rusty English

  • REVENGE
    It just that since I subscribed to a pay TV, and now resigning from my latest radio job, and pretty much working from home, I watch TV for about 4-6 hours a day. I cut it down from 6-8 hours a day, that's when I decided that Im going to Dubai next year with my business :DBut there's a huge different from Indonesian local TV and cables, indeed! I do […]
  • The Trilogy Time
    Aloha!Oh my, its been forever since I wrote in this blog :p I was gonna let this one abandoned anyway :lol: But then again, in order to smoothered my rusty English, gonna start practicing it here again :DSo, how have you been? Me? Well.. Kinda busy with this business I've been joining for almost 3 years now. Quit the announcing job for some reason. And […]

My First Baby

Follow Me? ;)

  • Tai kucing kind of thing. Fuckin over and over again. How did i let myself drown in this shit hole? 1 week ago
  • Kawin udah 4 taun lebih. 3 taun ngontrak. 1 taunan lebih nebeng ortu. Skrg rumah sendiri. Tp kok lebih berasa kesepian yak? :( 1 week ago
  • Been a very long week.. Pfhew.. 1 week ago
Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 329 other followers

%d bloggers like this: